Pengembangan multimedia interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran sains kelas IV di SDN Ngunut 06 Tulungagung / Dandy Arya Gumilar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran sains kelas IV di SDN Ngunut 06 Tulungagung / Dandy Arya Gumilar

Gumilar, Dandy Arya (2012) Pengembangan multimedia interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran sains kelas IV di SDN Ngunut 06 Tulungagung / Dandy Arya Gumilar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia interaktif Berbasis Komputer Mata Pelajaran Sains Kelas 4 SD Kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 06 Ngunut khususnya kelas IV Mata Pelajaran Sains masih belum optimal karena dalam pembelajaran guru hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar sehingga siswa kesulitan untuk mendapatkan bahan belajar lain. Pemilihan multimedia interaktif berbasis komputer dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan pertimbangan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan fasilitas komputer yang ada di Sekolah Dasar Negeri Ngunut 06. Selain itu multimedia interaktif ini mempunyai kelebihan yaitu bisa mengatasi keterbatasan ruang alat dan waktu sehingga siswa bisa mengulang kembali materi pelajaran di luar jam sekolah. Dan juga siswa bisa dengan leluasa mengontrol media ini sesuka hati. Siswa bisa memilih sendiri materi pelajaran apa yang ingin di pelajari dan kemudian mengulangnya. Sedangkan bagi guru multimedia ini bisa dijadikan sebagai sumber belajar selain dari buku yang digunakan. Tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif yang valid pada mata pelajaran Sains kelas IV Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Negeri 06 Ngunut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahap berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation Multimedia pembelajaran yang dikembangkan ini memenuhi kriteria valid yang meliputi ahli media 85% valid ahli materi 97 5% valid uji coba 93 % valid. Untuk hasil belajar setelah menggunakan multimedia siswa yang memenuhi SKM sebesar 26 siswa dengan persentase 86 67% sedangkan siswa yang belum memenuhi SKM 4 siswa dengan persentase 13 33 % Saran pengembang yang ditujukan kepada siswa adalah lebih giat belajar dengan adanya multimedia ini. Bagi guru adalah guru diharapkan untuk lebih sering belajar menggunakan multimedia dalam pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi komputer. Bagi sekolah Diharapkan untuk lebih memanfaatkan komputer sebagai sumber belajar siswa tidak hanya dalam pembelajaran TIK saja tetapi di semua mata pelajaran agar bisa mengikuti perkembangan jaman dimana teknologi semakin canggih. Bagi pengembang berikutnya Bagi pengembang berikutnya diharapkan bisa menyempurnakan multimedia interaktif berbasis komputer sehingga semakin bermanfaat bagi siswa serta bisa mengembangkan produk-produk multimedia berbasis komputer untuk mata pelajaran lain yang membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item