Perbedaan kinerja keuangan dan harga saham perusahaan yang listing di BEI sebelum dan sesudah akuisis pada tahun 2003-2005 / Nur Aisah

Aisah, Nur (2010) Perbedaan kinerja keuangan dan harga saham perusahaan yang listing di BEI sebelum dan sesudah akuisis pada tahun 2003-2005 / Nur Aisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisah, Nur.2009. Skripsi. Perbedaan Kinerja Keuangan Dan Harga Saham Perusahaan Yang Listing Di BEI Sebelum Dan Sesudah Akuisisi Pada Tahun 2003-2005. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mohammad Hari, M.Si, (II) Subagyo, S.E., S.H., M.M. Kata Kunci: Akuisisi, Kinerja Keuangan, Harga Saham Dalam kondisi persaingan yang sangat ketat, perusahaan dituntut untuk selalu mengembangkan strateginya untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah melakukan ekspansi eksternal melalui akuisisi. Dengan bergabungnya dua perusahaan atau lebih, maka akan menunjang kegiatan usaha sehingga keuntungan yang diperoleh akan semakin besar dibanding mereka melakukan usaha sendiri. Di samping keuntungan yang didapatkan dari melakukan penggabungan usaha tersebut di atas, maka harus diperhatikan akibat lain misalnya dengan dilakukannya akuisisi, maka akan meningkatkan kinerja keuangan dan harga saham dari perusahaan yang bersangkutan atau malah sebaliknya. Untuk itu dalam memutuskan akuisisi harus benar-benar dipertimbangkan cara mana yang akan ditempuh oleh manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan kinerja keuangan (current ratio, debt to equity ratio, dan return on investment) dan harga saham perusahaan yang listing di BEI sebelum dan sesudah melakukan akuisisi. Penelitian ini menggunakan analisis rasio dan harga saham. Dimana rasio keuangan terdiri dari current ratio, debt to equity ratio dan return on investment. Sedangkan populasi yang digunakan yakni pada perusahaan yang listing di BEI yang melakukan akuisisi pada tahun 2003-2005. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan T-Test Paired Two Sample for Mean dan Wilcoxon Signed Rank Test. Dengan nilai α sebesar 5% atau 0.05. Sebelum dianalisis data diuji normalitas dengan menggunakan Kolmogrow Smirnow Goodness of Fit Test. Dari hasil penelitian terbukti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan baik sebelum akuisisi maupun sesudah akuisisi sehingga nilai tambah yang diinginkan perusahaan belum tercapai. Demikian juga dengan harga saham yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara harga saham sebelum akuisisi dengan harga saham sesudah akuisisi. Hal tersebut menunjukkan tujuan ekonomis diilakukannya akuisisi tidak tercapai.D ari hasil penelitian dapat disarankan bagi perusahaan yang melakukan akuisisi untuk dapat meningkatkan kinerjanya terutama dalam pengelolaan sumber-sumber dana secara efektif dan efisien sehingga menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Dalam melakukan investasi, investor sebaiknya memperhatikan faktor-faktor internal seperti kinerja manajemen perusahaan dan faktor-faktor eksternal perusahaan yang mungkin akan dapat berpengaruh terhadap pembentukan harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item View Item