Suradi, Mohammad (2010) Pelayanan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa (Studi kasus di SD Negeri Percobaan 1 Malang) / Mohammad Suradi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pelayanan perpustakaan sekolah peningkatan minat baca siswa Sekolah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Aktivitas belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas melainkan juga dapat dilakukan di luar kelas termasuk perpustakaan. Perpustakaan disebut sebagai jantung sekolah yakni kunci pengetahuan dan inti dari proses kegiatan belajar. Adanya perpustakaan dapat memberikan perluasan ilmu pengetahuan yang mendorong siswa untuk maju dan berkembang melalui pengetahuan-pengetahuan baru yang tidak diajarkan di dalam kelas. Perpustakaan merupakan suatu tempat yang digunakan dan disediakan oleh sekolah untuk warga sekolah yang ingin membaca atau meminjam koleksi buku-buku perpustakaan. Oleh karena itu perpustakaan sekolah mutlak dibutuhkan oleh siswa sebab di dalam perpustakaan itulah mereka memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan informasi. Berdasarkan landasan di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul Pelayanan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa (Studi Kasus di SD Negeri Percobaan 1 Malang) . Selain itu perpustakaan sebagai sumber informasi akan sangat bermanfaat apabila perpustakaan tersebut dapat menyediakan informasi dengan mudah dan cepat layanan yang diberikan baik dan berkualitas sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna perpustakaan dalam hal ini adalah siswa dan diharapkan dengan pelayanan yang baik maka siswa lebih sering mengunjungi perpustakaan untuk membaca meminjam buku dan belajar sehingga manfaat perpustakaan dapat dirasakan oleh siswa. Berdasarkan uraian konteks penelitian yang telah dikemukakan di atas maka fokus penelitian ini adalah (1) pelayanan sirkulasi perpustakaan sekolah di SD Negeri Percobaan 1 Malang. (2) pelayanan referensi perpustakaan sekolah di SD Negeri Percobaan 1 Malang (3) kinerja petugas perpustakaan sekolah SD Negeri Percobaan 1 Malang. (4) Hambatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang dan (6) ) Upaya perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang Penelitian ini dilakukan di perpustakaan sekolah SD Negeri Percobaan 1 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) wawancara mendalam (2) observasi partisipasi dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisa guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Teknik pengecekan keabsahan yang digunakan adalah ketekunan penelitian trianggulasi metode dan trianggulasi sumber data. Temuan penelitian ini yaitu (1) pelayanan sirkulasi perpustakaan sekolah di SD Negeri Percobaan 1 Malang meliputi kegiatan peminjaman baca di tempat peminjaman buku pengembalian buku dan pelaksanaan peraturan dan tata tertib perpustakaan (2) pelayanan referensi perpustakaan sekolah di SD Negeri Percobaan 1 Malang memiliki kegiatan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh siswa mengenai koleksi bahan pustaka dan memberikan bimbingan belajar dan membaca kepada siswa dengan bekerjasama dengan guru kelas (3) kinerja petugas perpustakaan di SD Negeri Percobaan 1 Malang dalam memberikan pelayanan selalu ramah sopan dan murah senyum selain itu petugas selalu berusaha meningkatkan kemampuanya melalui pelatihan-pelatihan tentang perpustakaan yang diadakan perguruan tinggi negeri atau swasta untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki (4) hambatan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang adalah kesibukan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar kurangnya waktu yang dimiliki siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan kurangnya koleksi buku cerita bergambar dan ensiklopedia (5) upaya perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Percobaan 1 Malang adalah dengan memberikan hadiah bagi siswa yang sering meminjam buku melalui poin membaca penambahan koleksi bahan pustaka pengadaan kegiatan jam wajib kunjung perpustakaan untuk tiap-tiap kelas memberikan kemudahan dalam mendapatkan berbagai bacaan yang menarik untuk pengguna perpustakaan memberikan kebebasan membaca secara leluasa kepada pengunjung perpustakaan dan memberikan motivasi-motivasi kepada siswa agar sering membaca melalui tulisan-tulisan yang berisi ajakan-ajakan untuk gemar membaca. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) kepala sekolah untuk menambah petugas perpustakaan menambah koleksi bahan pustaka dan pengadaan jam wajib kunjung perpustakaan (2) petugas perpustakaan harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung dan mampu mengelola perpustakaan secara maksimal (3) Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan sering mengadakan seminar atau pelatihan kepada petugas perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kemampuanya untuk mengelola perpustakaan sekolah (4) peneliti lain berdasarkan pentingnya hasil penelitian tentang Pelayanan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Negeri Percobaan 1 Malang disarankan kepada peneliti yang akan datang untuk menyempurnakan temuan penelitian yang telah ditemukan sehingga penelitian ini mempunyai nilai guna praktis dan teoritis pembangunan pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |