Peran serta orangtua siswa dalam pembiayaan satuan pendidikan (Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Senduro dan Sekolah Menengah Atas PGRI 1 Lumajang) / Fitri Erviati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran serta orangtua siswa dalam pembiayaan satuan pendidikan (Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Senduro dan Sekolah Menengah Atas PGRI 1 Lumajang) / Fitri Erviati

Ervianti, Fitri (2010) Peran serta orangtua siswa dalam pembiayaan satuan pendidikan (Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Senduro dan Sekolah Menengah Atas PGRI 1 Lumajang) / Fitri Erviati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peran serta orangtua siswa pembiayaan satuan pendidikan. Salah satu aspek dalam Manajemen Berbasis Sekolah adalah mengoptimalkan peran serta masyarakat terutama orangtua siswa yang menjadi pelanggan pendidikan tersebut. Keterlibatan orangtua siswa dalam manajemen sekolah sangat diperlukan guna menuju pendidikan berbasis masyarakat yaitu pendidikan yang berdasarkan pada kebutuhan masyarakat. Salah satu peran serta orangtua siswa dalam pendidikan adalah mengenai pembiayaan satuan pendidikan. SMAN 1 Senduro merupakan sekolah baru yang berdiri sejak 20 Juni 2005. Biaya satuan pendidikan di sekolah baru maka yang dibutuhkan semakin besar karena memerlukan pengembangan yang lebih dari pada sekolah yang lama berdiri. Sebagai salah satu sekolah swasta tentu peran serta orangtua siswa menjadi hal yang utama bagi SMA PGRI 1 Lumajang. Peran serta orangtua siswa tentu masih sangat dibutuhkan dalam pengembangan SMA PGRI 1 Lumajang apalagi sekolah ini merupakan sekolah swasta yang sangat menggantungkan biaya pendidikan pada orangtua siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka fokus dan tujuan penelitian yaitu tentang peran serta orangtua siswa dalam (1) menetapkan biaya yang harus dibayar kepada sekolah (2) perencanaan pembiayaan satuan pendidikan (3) pelaksanaan pembiayaan satuan pendidikan (4) pengawasan pembiayaan satuan pendidikan dan (5) perbandingan peran serta orangtua siswa dalam pembiayaan satuan pendidikan di SMAN 1 Senduro dan SMA PGRI 1 Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dirancang dengan menggunakan rancangan studi multi situs karena pada penelitian ini dilakukan di dua lokasi yaitu di SMAN 1 Senduro dan SMA PGRI 1 Lumajang. Peneliti sendirilah yang berperan sebagai instrumen kunci dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah wakil kepala sekolah bagian humas ketua komite sekolah bendahara sejolah dan komite sekolah orangtua siswa dan siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subjek penelitian pada saat wawancara tindakan yang dilakukan oleh subjek penelitian dan dokumen yang berkaitan dengan pembiayaan satuan pendidikan. Peneliti melakukan pengerjaan dan pengorganisasian data setelah itu peneliti melakukan mengklasifikasi data menyaring data dan menarik kesimpulan. Data yang telah dianalisis kemudian dicek keabsahannya dengan menggunakan empat kriteria yaitu (1) perpanjangan kehadiran peneliti (2) ketekunan pengamatan (3) wawancara terfokus dan (4) triangulasi. Kesimpulan penelitian ini adalah peran serta orangtua siswa di SMAN 1 Senduro dalam (1) penetapan biaya yang harus dibayar orangtua terlibat saat ii rapat pengambilan keputusan. Terjadi musyawarah antara sekolah dan orangtua siswa (2) penyusunan perencanaan pembiayaan orangtua terlibat melalui komite sekolah namun orangtua siswa mengetahui rincian rencana pembiayaan tersebut melalui rapat ketika pengambilan rapot (3) pelaksanaan orangtua siswa berperan menyediakan biaya insidental non-gedung dan kegiatan tahunan siswa dan (4) pengawasan orangtua siswa berperan melalui komite sekolah namun laporan secara rinci diberitahuakan ketika ada pertemuan dengan orangtua siswa. Kesimpulan peran serta orangtua siswa di SMA PGRI 1 Lumajang dalam (1) penetapan biaya yang harus dibayar peran orangtua siswa melalui komite sekolah komite akan mempertimbangkan kebutuhan sekolah dan keadaan ekonomi orangtua siswa (2) penyusunan perencanaan pembiayaan orangtua siswa tidak dilibatkan secara langsung ide saran dan kritik mereka ditampung melalui wali kelas masing-masing ketika pertemuan pembagian rapot (3) pelaksanaan orangtua siswa menanggung seluruh pembiayaan satuan pendidikan dan kekurangan biaya operasional sekolah yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah dan (4) pengawasan orangtua siswa terlibat melelui komite sekolah komite sekolah mengawasi secara berkala dan tidak terjadwal yang bisa dilakukan sewaktu-waktu. Perbandingan peran serta orangtua siswa dalam pembiayaan satuan pendidikan di SMAN 1 Senduro terlihat ketika orangtua siswa terlibat dalam pengambilan keputusan penetapan biaya yang harus dibayar perencanan hanya melibatkan komite sekolah orangtua siswa menanggung biaya insidental non-gedung dan kegiatan tahunan siswa serta pelaporan kepada orangtua siswa dilakukan ketika ada pertemuan dengan orangtua siswa sedangkan di SMA PGRI 1 Lumajang peran serta orangtua siswa dalam penetapan biaya yang harus dibayar dan penyusunan perencanaan hanya melalui komite sekolah orangtua siswa menanggung seluruh biaya sekolah pengawasan juga melibatkan komite sekolah. Saran ditujukan untuk (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang hendaknya membuat kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta orangtua siswa pada segala aspek pembiayaan satuan pendidikan (2) Kepala Sekolah SMAN 1 Senduro diharapkan lebih meningkatkan peran serta orangtua siswa dalam pelaksanaan pembiayaan satuan pendidikan dan SMA PGRI 1 Lumajang diharapkan lebih meningkatkan peran serta orangtua siswa baik dalam perencanaan dan pengawasan pembiayaan satuan pendidikan (3) Orangtua Siswa SMAN 1 Senduro hendaknya lebih berperan dalam proses pelaksanaan pembiayaan satuan pendidikan. Orangtua siswa juga harus lebih memahami keadaan keuangan di sekolah dan orangtua SMA PGRI 1 Lumajang hendaknya lebih berperan aktif dalam perencanaan dan pengawasan pembiayaan satuan pendidikan (4) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan para akademisi jurusan Administrasi Pendidikan mendorong mahasiswa agar lebih banyak meneliti tentang manajemen keuangan sekolah. (5) Peneliti lain hendaknya melanjutkan penelitian ini karena masih banyak masalah dalam pembiayaan satuan pendidikan yang belum terkuak sehingga penting untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item