Hubungan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere Kabupaten Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) / Desi Maria El Puang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere Kabupaten Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) / Desi Maria El Puang

El Puang, Desi Maria (2010) Hubungan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere Kabupaten Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) / Desi Maria El Puang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci tingkat ekonomi kondisi sosial orangtua motivasi belajar siswa. Pendidikan memegang pengaruh yang besar bagi perkembangan anak dimana pendidikan merupakan proses pendewasaan diri anak yaitu melalui pendidikan ini anak yang sebelumnya tidak tahu akan suatu hal menjadi tahu akan suatu hal. Pendidikan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Keadaan ekonomi dan status sosial orangtua sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak terutama dalam hal belajar. Orangtua yang mempunyai status ekonomi sosial yang tinggi akan memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat mengembangkan dirinya sebaliknya orangtua yang mempunyai status ekonomi sosial yang rendah tidak akan memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mengembangkan dirinya dikarenakan terbatasnya tingkat ekonomi dan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat ekonomi orangtua (2) kondisi sosial orangtua (3) motivasi belajar siswa (4) hubungan antara tingkat ekonomi dan motivasi belajar siswa (5) hubungan antara kondisi sosial orangtua dan motivasi belajar siswa (6) hubungan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua (7) hubungan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Maumere dengan populasi berjumlah 930 orang dan yang menjadi sampelnya berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat ekonomi orangtua siswa sebanyak 2 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 1 43% 54 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 38 57% 76 orang termasuk dalam kualifikasi cukup dengan persentase 54 29% dan 8 orang termasuk dalam kualifikasi rendah dengan persentase 5 71% dengan nilai mean sebesar 51 ini berarti bahwa rata-rata orangtua siswa SMAN 1 Maumere mempunyai tingkat ekonomi yang cukup (2) kondisi sosial orangtua siswa sebanyak 41 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 29 29% 44 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 31 43% 45 orang termasuk dalam kualifikasi cukup dengan persentase 32 14% dan 10 orang termasuk dalam kualifikasi rendah dengan persentase 7 14% dengan nilai mean sebesar 32 ini berarti bahwa rata-rata orangtua siswa SMAN 1 Maumere mempunyai kondisi sosial yang cukup (3) motivasi belajar siswa sebanyak 44 orang termasuk dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase 31 43% 45 orang termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 32 14% 51 orang termasuk dalam kualifikasi cukup dengan persentase 36 43% dan tidak seorangpun termasuk dalam kualifikasi rendah dengan nilai mean sebesar 49 ini berarti bahwa rata-rata siswa SMAN 1 Maumere mempunyai motivasi belajar yang cukup (4) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi dan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi sosial orangtua dan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere (6) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua (7) terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi dan kondisi sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa SMAN 1 Maumere. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) bagi orangtua siswa SMAN 1 Maumere disarankan untuk membimbing mengarahkan dan menciptakan lingkungan yang baik pada anaknya agar dapat berprestasi dengan baik. Selain itu untuk selalu memberikan motivasi atau dorongan baik dari segi material salah satunya berupa penyediaan sumber-sumber belajar dan juga segi spiritual seperti memberikan semangat untuk berprestasi (2) bagi siswa SMAN 1 Maumere disarankan agar dapat menyadari dan menumbuhkan motivasi belajar dalam diri masing-masing untuk belajar dengan rajin agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan dengan kondisi ekonomi dan sosial yang bermacam-macam dapat mendukung kegiatan belajar anak. Selain itu hendaknya siswa yang belum memiliki atau kurang terpenuhi sumber belajarnya dapat mengadakan suatu belajar kelompok atau belajar bersama dengan teman yang sekiranya dianggap telah menguasai pelajaran dan mempunyai sumber atau fasilitas belajar yang cukup memadai (3) bagi kepala sekolah disarankan untuk mengadakan beasiswa bagi siswa yang tidak mampu sehingga siswa yang berasal dari golongan ekonomi lemah dapat memenuhi kebutuhan belajarnya. Selain itu mengambil kebijakan atau perencanaan program yang berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa (4) bagi guru disarankan untuk selalu memberikan masukan atau informasi dalam hal pendekatan terhadap siswa sehingga proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar dan tujuan yang ditetapkan sebelumnya dapat tercapai. Selain itu memiliki sifat keterbukaan terhadap siswa agar dapat menerima pendapat atau saran dari siswa sehingga motivasi belajar siswa menjadi meningkat untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik (5) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan untuk selalu menambah referensi yang berhubungan dengan Ekonomi Pendidikan sehingga bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian tentang ekonomi pendidikan dapat melihat referensi yang ada (6) bagi peneliti lain yang menginginkan penelitian yang sama disarankan untuk bisa menggunakan metode penelitian yang lain dan meneliti juga variabel di luar variabel-variabel yang telah diteliti ini dan diharapkan memberikan hasil yang lebih akurat beragam dan bervariasi sebagai tambahan dalam penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item