Pengaruh advertising dan pengembangan produk terhadap volume penjualan pada perusahaan kopi "Sumber Agung" Malang / Dine Transetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh advertising dan pengembangan produk terhadap volume penjualan pada perusahaan kopi "Sumber Agung" Malang / Dine Transetyo

Transetyo, Dine (2010) Pengaruh advertising dan pengembangan produk terhadap volume penjualan pada perusahaan kopi "Sumber Agung" Malang / Dine Transetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Dine Transetyo. 2009.Pengaruh Advertising Dan Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah M.Pd MM Pembimbing (II) Titis Shinta Dewi S.P MM Kata Kunci periklanan pengembangan produk volume penjualan Kegiatan pemasaran mempunyai kedudukan yang sangat penting di dalam perusahaan karena kegiatan pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar dan memenuhi selera konsumen. Salah satu tujuan dari perusahaan dalam pemasaran adalah bagaimana produk yang dihasilkannya bisa diterima oleh konsumen sehingga meningkatkan volume penjualan dan memberikan keuntungan yang maksimal. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan langkah-langkah strategis dalam bidang pemasaran yang diantaranya melalui periklanan dan pengembangan produk. Obyek penelitian ini dilakukan di Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang dengan tujuan dari untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan dan pengembangan produk secara simultan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang mengetahui dan menganalisis pengaruh periklanan dan pengembangan produk secara parsial terhadap volume penjualan pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang serta mengetahui dan menganalisis variabel yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan metode eksplanatif untuk menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) antara variabel bebas yaitu periklanan (X1) dan pengembangan produk (X2) terhadap variabel terikat yaitu volume penjualan (Y). Selanjutnya untuk bagaimana pengaruh periklanan dan pengembangan produk terhadap volume penjualan di Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang digunakan analisis regresi berganda yang ditentukan berdasarkan besarnya koefisien regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan dan pengembangan produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap volume penjualan pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang yang ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 22 140 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 9 55 pada probabilitas sebesar 0 016 lebih kecil dari 0 05 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0 937 dan setelah disesuaikan didapatkan nilai R adjustnya sebesar 0 894 menunjukkan bahwa variabel periklanan (X1) dan pengembangan produk (X2) secara simultan memberikan kontribusi/sumbangan sebesar 89 4% terhadap perubahan volume penjualan (Y) sedangkan sisanya sebesar 1 6% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini sehingga hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian terbukti kebenarannya. Periklanan dan pengembangan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap terhadap volume penjualan pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang yang ditunjukkan dari thitung variabel periklanan 4 599 lebih besar dari ttabel 3 182 dengan probabilitas 0 019 lebih kecil 0 05 dengan nilai koefisien regresi sebesar 47 505 dan nilai thitung variabel pengembangan produk sebesar 3 348 lebih besar dari ttabel 3 182 dengan probabilitas 0 044 lebih kecil 0 05 dengan nilai koefisien regresi sebesar 23 020. Variabel periklanan dan pengembangan produk ternyata variabel periklanan berpengaruh dominan terhadap volume penjualan dibandingkan pengembangan produk. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel periklanan sebesr 47 505 lebih besar dari nilai koefisien regresi variabel pengembangan produk sebesar 23 020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33209

Actions (login required)

View Item View Item