Juwita, Dinda (2010) Pengelaan kegiatan pembelajaran triple R di Sekolah Alam Bilingual (Studi kasus di MTs Surya Buana Malang) / Dinda Juwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengelolaan kegiatan pembelajaran reasoning research religius. Dewasa ini di Indonesia bermunculan sekolah model diantaranya sekolah dengan sistem boarding full day natur based school dan lain-lain. Surya Buana sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berusaha untuk memadukan beberapa model tersebut dengan menerapkan sistem full day dan menyediakan asrama untuk siswa yang ingin memperdalam pengetahuan agama dan juga menerapkan model pembelajaran alam sehingga MTs Surya Buana dikenal dengan nama Sekolah Alam Surya Buana. Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini mengkaji lebih dalam tentang pengelolaan kegiatan pembelajaran sekolah alam bilingual di MTs Surya Buana Malang. Ada 3 fokus dalam penelitian ini yaitu (1) apa ciri khusus dari kegiatan pembelajaran sekolah alam bilingual di MTs Surya Buana Malang (2) kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh sekolah untuk mewujudkan ciri khusus sekolah alam bilingual dan (3) masalah apa saja yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran sekolah alam bilingual di MTs Surya Buana Malang untuk mewujudkan ciri khusus sekolah alam bilingual Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) ciri khusus dari kegiatan pembelajaran sekolah alam bilingual di MTs Surya Buana Malang (2) kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah untuk mewujudkan ciri khusus sekolah alam bilingual dan (3) masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran sekolah alam bilingual di MTs Surya Buana Malang untuk mewujudkan ciri khusus sekolah alam bilingual. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik/metode observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan penggunaan sumber dan ketekunan pengamatan untuk mengetahui keabsahan data. Temuan penelitian ini yaitu (1) konsep pembelajaran di MTs Surya Buana Malang menerapkan konsep Triple R dalam pembelajarannya yaitu research reasoning dan religius. Konsep inilah yang membedakan dengan sekolah-sekolah lain karena hanya di MTs Surya Buana Malang yang menerapkan konsep Triple R (2) kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah alam bilingual MTs Surya Buana untuk mewujudkan ciri khusus sekolah alam bilingual meliputi (a) kegiatan reasoning yang diprogramkan di sekolah ini adalah pembuatan KIR dalam bidang matematika fisika biologi dan IPS yang kemudian KIR ini dikirimkan untuk mengikuti lomba (b) kegiatan penelitian yang pernah dilakukan yaitu studi empiris ke Jatim Park 1 dan 2 yang diikuti oleh seluruh siswa dari TK SD MTs dan SMA serta kegiatan outbond yang dilaksanakan di lapangan sidomulyo Batu Kebun Raya Purwodadi serta kunjungan industri seperti ke pabrik tahu plintiran pabrik kripik dan kentang dan agro anggrek dan (c) kegiatan religius yang dilaksanakan di sekolah ini adalah kegiatan mengaji yang dilaksanakan sebelum siswa masuk sekolah pada jam 06.45-07.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha pada jam 07.00- 07.25 WIB. Selain itu di sini juga dilaksanakan sholat dhuhur dan ashar secara berjamaah yang dimaksudkan agar siswa setelah sampai di rumah sudah menyelesaikan kewajiban sholat. Di samping kegiatan di atas kegiatan religius yang diterapkan di sekolah ini adalah perayaan hari besar agama zakat pondok romadhon dan hafalan Al Quran. Dari hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) bagi kepala sekolah hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk lebih meningkatkan kualitas pengelolaan kegiatan pembelajaran serta memperbaiki sarana dan prasarana sekolah agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar serta kepala sekolah selalu mengingatkan guru yamg lupa akan konsep Triple R dalam mendidik siswa (2) bagi guru hendaknya harus lebih menguasai dan menerapkan konsep pembelajaran Triple R yang meliputi reasoning research dan religius sesuai dengan kurikulum yang ada agar siswa dapat belajar dan menerima ilmu yang diberikan guru dengan baik (3) bagi jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat memberikan wawasan serta tambahan ilmu bagi jurusan agar mahasiswa dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran yang berkonsep Triple R (4) bagi orangtua siswa hendaknya memberikan perhatian yang lebih intensif pada perkembangan anak dalam memperoleh pendidikan dari sekolah sehingga anak lebih termotivasi dalam belajar karena mendapat perhatian dan kontrol dari orangtua dan (5) bagi peneliti selanjutnya agar lebih menyempurnakan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan informan siswa dan orangtua siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |