Analisis dimensi kualitas layanan pada CV. Kirana Tours and Travel / Ani Lisa Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dimensi kualitas layanan pada CV. Kirana Tours and Travel / Ani Lisa Arianti

Arianti, Ani Lisa (2010) Analisis dimensi kualitas layanan pada CV. Kirana Tours and Travel / Ani Lisa Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arianti Ani Lisa.2009. Analisis Dimensi Kualitas Layanan pada CV. Kirana Tours and Travel. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Hermawan M.Si M.Bus (2) Madziatul Churiyah S.pd M.M Kata kunci Dimensi Kualitas Jasa ( Keandalan Daya Tanggap Jaminan Empati dan Bukti Fisik) Peningkatan kualitas layanan yang diberikan karyawan pada pelanggan merupakan suatu tujuan utama dari pihak penyedia jasa. Kepuasan pelanggan itulah yang diharapkan dari setiap perusahaan jasa. Dalam menilai atau melihat suatu kualitas layanan jasa hal ini dapat dilihat melalui beberapa aspek yang biasa dikenal dengan dimensi kualitas jasa. Dimensi kualitas jasa ini terdiri dari Keandalan Daya Tanggap Empati Jaminan dan bukti fisik. Diperlukan kualitas layanan yang baik dari karyawan untuk menumbuhkan minat konsumen dalam memakai jasa yang ditawarkan oleh CV. Kirana pada khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan yang ada pada CV. Kirana Tours and Travel. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dari lima dimensi kualitas layanan jasa yang diterapkan pada perusahaan CV. Kirana Tours and Travel. Instrumen yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur observasi dokumentasi dan kuisioner sebagai pendukung. Key informant diambil dari pemilik perusahaan karyawan serta konsumen yang pernah memakai jasa CV. Kirana. Social situation diambil dari Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang pernah menggunakan travel CV. Kirana dengan frekuensi lebih dari dua kali. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelayanan yang ada pada CV. Kirana memang sudah bisa dikatakan baik. Perusahaan telah memenuhi dua prinsip dari standar ISO yaitu pelayanan yang fokus kepada pelanggan dan keterlibatan semua pihak baik atasan maupun karyawan dalam penanganan layanan terhadap konsumen. Adanya kekurangan yang peneliti temukan selama penelitian di CV. Kirana seperti tidak adanya fasilitas ruang tunggu area parkir yang tidak memadai ruang kantor yang terlalu sempit tidak adanya kotak saran dalam armada menjadikan catatan tersendiri bagi peneliti. Karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk dimensi Fisik yang belum dapat dipenuhi oleh perusahaan CV. Kirana dengan baik. Saran yang dapat penulis kemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama penelitian adalah yang pertama perusahaan CV. Kirana diharapakan perusahaan dapat menyediakan kotak saran dalam armada dan memperbaiki kualitas hotline service yang berupa email maupun layanan via telpon dan juga sms ( short massage service) yang kedua diharapkan CV. Kirana berupaya meningkatkan layanan dalam hal bukti fisik yaitu menyediakan ruang tunggu bagi konsumen dengan atmosfer yang nyaman (kursi yang nyaman ruangan yang diberi wewangian disediakan permen dan minuman diruang tunggu) dan area parkir yang luas hal tersebut bertujuan agar konsumen lebih nyaman saat mengunjungi kantor CV. Kirana. Diharapkan dengan terpenuhinya semua aspek dimensi (keandalan daya tanggap jaminan empati dan bukti fisik) menjadikan kualitas layanan pada CV. Kirana benar-benar berada jauh diatas para pesaing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33187

Actions (login required)

View Item View Item