Manajemen pembelajaran dalam pelatihan kesehatan reproduksi remaja (Studi kasus di Balai Diklat KB Nasional Malang) / Hendrick Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran dalam pelatihan kesehatan reproduksi remaja (Studi kasus di Balai Diklat KB Nasional Malang) / Hendrick Hartanto

Hartanto, Hendrick (2010) Manajemen pembelajaran dalam pelatihan kesehatan reproduksi remaja (Studi kasus di Balai Diklat KB Nasional Malang) / Hendrick Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pelatihan Manajemen Pembelajaran dan Kesehatan Reproduksi Remaja Pelatihan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) diselenggarakan oleh Balai Diklat KB Nasional Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran pada pelatihan KRR dengan studi kasus di Balai Diklat KB Nasional Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif deskriptif. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Manajemen pembelajaran pada pelatihan KRR di Balai Diklat KB Nasional Malang adalah terbagi pada tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi persiapan materi atau substansi pembelajaran oleh para Widyaiswara dan sarana prasarana pembelajaran yang dilakukan oleh bagian tata usaha. Pada tahap persiapan para Widyaiswara melakukan identifikasi kebutuhan belajar dengan mengadakan pre test yang diikuti seluruh peserta pelatihan. Pada tahap pembelajaran pelaksanaan pelatihan KRR berjalan dengan lancar karena ketersediaan media pembelajaran yang memadai distribusi bahan belajar yang baik serta keterampilan dan kecakapan para Widyaiswara dalam menggunakan metode pembelajaran. Pada tahapan evaluasi sebagai tahapan terakhir evaluasi dilakukan terkait dengan tiga hal (1) evaluasi peserta mengenai penguasaan peserta terhadap materi pelatihan yang meliputi pengetahuan sikap dan keterampilan (2) evaluasi Widyaiswara dilakukan untuk menilai dan mengamati performa para Widyaiswara dalam pembelajaran dan (3) evaluasi penyelenggaraan yang ditujukan untuk menilai tingkat pelayanan Balai Diklat dalam penyelenggaraan pelatihan. Dari hasil penelitian tersebut saran-saran yang diajukan yaitu (1) bagi Balai Diklat KB Nasional Malang hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan KRR di masa yang akan datang (2) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan agar menjadikan hasil penelitian ini sebagai tambahan bahan kajian pengembangan ilmu manajemen pendidikan khususnya dalam hal manajemen pembelajaran pada pelatihan dan (3) Bagi peneliti lain agar lebih menyempurnakan hasil penelitian ini dan mengembangkan penelitian serupa tentang manajemen pembelajaran dengan studi kasus yang berbeda khususnya dalam hal inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item