Rachman, Hidayatur (2010) Perubahan manajemen kurikulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep / Hidayatur Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci perubahan manajemen kurikulum RSBI. Era globalisasi menuntut kemampuan daya saing yang kuat dalam berbagai bidang seperti bidang teknologi manajemen dan sumberdaya manusia. RSBI adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasi. Kurikulum yang digunakan pada RSBI adalah Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi standar isi standar proses standar kompetensi lulusan standar pendidik dan tenaga kependidikan standar sarana dan prasarana standar pengelolaan standar pembiayaan dan standar penilaian baik dari dalam maupun luar negeri yang diyakini telah memiliki reputasi mutu yang diakui secara internasional. Fokus penelitian ini secara umum adalah bagaimana perubahan manajemen kurikulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep sedangkan fokus secara rinci meliputi (a) bagaimana perubahan manajemen kurikulum RSBI dengan penerapan full day school di SMA Negeri 1 Sumenep (b) apakah faktor penghambat dan pendukung dalam perubahan manajemen kurikulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep (c) bagaimana mengatasi faktor penghambat perubahan manajemen kurikulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep (d) bagaimana pemberdayaan faktor pendukung dalam perubahan manajemen kurikulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep. Tujuan penelitian ini secara umun adalah mengetahui perubahan manajemen kurikulum RSBI dengan penerapan full day school di SMA Negeri 1 Sumenep. Tujuan khususnya adalah mendeskripsikan tentang perubahan kurikulum RSBI faktor penghambat dan faktor pendukung dalam perubahan manajemen kurikulum RSBI cara mengatasi faktor penghambat dalam perubahan manajemen kurikulum RSBI cara pendayagunaan faktor pendukung dalam perubahan manajemen kurikulum RSBI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah studi kasus karena ada satu kasus pada satu objek penelitian yaitu SMA Negeri 1 Sumenep. Lokasi penelitian di jalan Payudan Timur No 1 Sumenep. Dalam penelitian ini dilakukan kepada kepala sekolah dan guru SMA Negeri 1 Sumenep. Sumber data yang digunakan dalam penelitian melalui wawancara observasi dan pengamatan yaitu dengan keterlibatan peneliti mengamati secara langsung serta dokumen yang berkaitan dengan perubahan manajemen kurikulum RSBI. Data yang diperoleh dianalisis selama dan setelah pengumpulan data maka data yang diperoleh akan menjawab fokus penelitian yang menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perubahan manajemen kurkulum RSBI di SMA Negeri 1 Sumenep ditetapkannya model pembelajaran baru yaitu sekolah full day ii atau belajar sehari penuh dimana siswa masuk sekolah mulai pukul 06.00 WIB hingga 15.30 WIB jam tambahan tersebut dialokasikan untuk kegiatan peningkatan mutu pendidikan. Pada faktor penghambat perubahan manajemen kurikulum RSBI dalam menerapkan full day school yang terdiri dari faktor penghambat dan pendukung perubahan manajemen kurikulum RSBI dalam menerapkan full day school dimana masyarakat banyak penolakan atas perubahan karena besarnya biaya SPP dan bertambahnya jam masuk sekolah sehingga guruguru dan siswa tidak memiliki waktu istirahat pada siang hari sedangkan pendukung dalam perubahan adalah sarana pembelajaran yang cukup memadai sehingga perubahan tetap terlaksana. Sekolah dalam mengatasi hambatan yaitu memberikan penjelasan tentang misi tujuan dari diberlakukannya perubahan sekolah kepada masyarakat atau orang tua siswa. Pada pemberdayaan faktor pendorong perubahan yaitu sekolah harus meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pengajar sarana prasarana belajar termasuk perpustakaan dan laboratorium serta sumber-sumber belajar lainnya untuk mencapai sekolah bertaraf internasional. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan kepada (1) kepala SMA Negeri 1 Sumenep dalam perubahan sekolah dikembangkan untuk mecapai sekolah bertaraf internasional (2) bagi pendidik dan karyawan SMA Negeri 1 Sumenep untuk selalu memiliki semangat dalam mengembangkan sekolah dalam mencapai sekolah bertaraf internasional (3) sekolah Lain agar dapat mengembangkan sekolahnya untuk mencapai taraf internasional (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan agar menginformasikan hasil penelitian ini kepada mahasiswa sehingga perubahan manajemen kurikulum RSBI dengan penerapan full day school yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Sumenep dapat menginspirasi mereka untuk meneliti tentang perubahan kurikulum RSBI yang lebih baik (5) bagi peneliti lain dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat pada perubahan manajemen kurikulum. Aspek yang bisa diteliti misalnya mutu sekolah RSBI menuju SBI dalam konteks full day school.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |