Lutfiyah, Nining (2010) Keefektifan penggunaan lesson study dalam meningkatkan kinerja mengajar guru, proses, dan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 2 / Nining Lutfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci lesson study kinerja mengajar guru proses hasil belajar siswa. Pendidikan yang baik adalah harapan bangsa Indonesia dan para pejuangnya. Tujuan pendidikan di Indonesia sendiri menurut (UU No. 20 Th. 2003 Pasal 3) menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjwab . Pendidikan dapat dilakukan dalam jalur dan jenjang pendidikan yang ada. Dalam menyelenggarakan pendidikan ini peranan guru sangat besar. Besarnya peranan guru dalam menyelenggarakan pendidikan membuat perhatian yang lebih kepada guru sangat diperlukan. Perhatian ini tidak hanya dalam kesejahteraan tetapi juga dalam peningkatan kualitas profesionalisme guru. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme tersebut sekolah diharapkan melakukan inovasi. Inovasi dalam pendidikan dapat dilakukan dalam berbagai bidang termasuk dalam bidang pembelajaran seperti lesson study. Lesson study pertama diperkenalkan di Jepang pada tahun 1900-an. Kegiatan ini dilakukan oleh guru secara berkelompok. Inovasi dalam pembelajaran tidak dilakukan di Perguruan Tinggi saja karena sekolah juga memerlukan inovasi dalam meningkatkan profesionalisme guruya. Dalam kaitannya dengan inovasi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Malang 2 merupakan salah satu sekolah yang ingin selalu melakukan inovasi dalam memperbaiki kualitas pembelajaranya dengan meningkatkan profesionalisme gurunya. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lesson study di MIN Malang 2. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu (1) mengetahui penggunaan lesson study efektif dalam meningkatkan kinerja mengajar guru pelajaran Fiqih Kelas IV di MIN Malang 2 (2) mengetahui penggunaan lesson study efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar siswa pada pelajaran Fiqih Kelas IV di MIN Malang 2 dan (3) mengetahui penggunaan lesson study efektif dalam meningkakan hasil belajar siswa Kelas IV pada pelajaran Fiqih di MIN Malang 2. Penelitian ini menggunakan desain action research. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini ada 3 yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Setelah penelitian tersebut dilaksanakan dan data diperoleh peneliti melakukan pengolahan data dengan menganalisis data yang diperoleh dari kegiatan yang telah dilaksanakan serta beberapa dokumen yang diperoleh dari kegiatan tersebut. Penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil yang diperoleh dari kegiatan siklus 1 2 dan perbandingan hasil dari siklus 1 dan 2. Dari hasil tersebut diketahui bahwa (1) pelaksanaan lesson study di MIN Malang dapat meningkatkan kinerja mengajar guru (2) pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa pada pelajaran Fiqih Kelas IV di MIN Malang (3) penggunaan lesson study dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada pelajaran Fiqih di MIN Malang 2. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh peneliti memberikan beberapa saran yaitu (1) bagi Kepala MIN Malang 2 diharapkan untuk melanjutkan pelaksanaan lesson study di MIN Malang 2 (2) bagi guru MIN Malang 2 yang telah melaksanakan lesson study sebaiknya terus melanjutkan lesson study sedangkan bagi guru-guru di MIN Malang 2 yang belum melakanakan lesson study sebaiknya menerapkan lesson study dalam pembelajaranya (3) bagi siswa MIN Malang 2 sebaiknya belajar dengan lebih aktif (4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan sebaiknya melaksanakan lesson study dalam pembelajaran yang dilaksanakan di Jurusan Administrasi Pendidikan serta (5) Demi ketercapain hasil penelitian yang baik kepada peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian lesson study dengan menggunakan jenis penelitian yang lain maupun fokus yang berbeda. .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |