Manajemen usaha kesehatan sekolah (studi kasus di SD Negeri Percobaan 1 Malang) / Andhika Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen usaha kesehatan sekolah (studi kasus di SD Negeri Percobaan 1 Malang) / Andhika Setiawan

Setiawan, Andhika (2010) Manajemen usaha kesehatan sekolah (studi kasus di SD Negeri Percobaan 1 Malang) / Andhika Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen usaha kesehatan sekolah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah suatu tempat atau wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan siswa-siswi sedini mungkin. Kesehatan merupakan salah satu hal sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehat merupakan modal utama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas produktif dan mempunyai etos kerja yang tinggi. Salah satu upaya pemerintah adalah memasukkan pendidikan kesehatan di sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat lanjutan dengan membentuk kebiasaan hidup sehat para siswa melalui kegiatan UKS. UKS yang baik diawali dengan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi. Jika salah satu program tidak terlaksana maka akan mempengaruhi program yang lainnya. Program kerja UKS meliputi pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Agar kegiatan UKS tetap terlaksana maka diadakanlah lomba UKS. Tujuan diadakannya penelitian ini secara umum yaitu untuk mengetahui pengelolaan layanan UKS SD Negeri Percobaan 1 Malang sedangkan secara khusus yaitu untuk mengetahui (1) perencanaan layanan UKS (2) pengorganisasian layanan UKS (3) pelaksanaan layanan UKS (4) evaluasi layanan UKS dan (5) pendukung dan penghambat layanan UKS. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Percobaan 1 Malang sebab merupakan sekolah yang pernah menjadi juara satu lomba sekolah sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik pengamatan berperan serta (2) teknik wawancara mendalam (3) teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut dianalisis guna menyusun temuan lapangan. Pengecekan keabsahan data dengan (1) kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan) (2) perpanjangan keikutsertaan dan (3) teknik triangulasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) perencanaan layanan UKS dengan merencanakan program UKS (pendidikan kesehatan pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat) pengadaan obat-obatan pengadaan peralatan UKS pengadaan dana UKS dan pembuatan tata tertib UKS (2) pengorganisasian layanan UKS adalah membuat struktur organisasi UKS yang di dalamnya mengatur tugas wewenang tanggungjawab serta kerja sama dari masing-masing unit (3) pelaksanaan layanan UKS adalah melaksanakan rencana program kerja pembinaan dan pengembangan UKS yaitu a) pendidikan kesehatan b) pelayanan kesehatan dan c) pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat (4) evaluasi layanan UKS meliputi (1) supervisi (2) monitoring (3) evaluasi dan (4) pelaporan. Dari temuan penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) bagi dinas-dinas yang terkait untuk lebih memberikan dukungan pada sekolah-sekolah lainnya dalam pengembangan UKS (2) bagi sekolah diharapkan untuk lebih memperhatikan pentingnya pengelolaan UKS (3) bagi guru diharapkan lebih memotivasi dan memperhatikan siswa dalam pelaksanaan kegiatan UKS dan (4) bagi siswa diharapkan untuk lebih aktif dalam kegiatan UKS agar wawasan dan pengetahuan tentang kesehatan bertambah dan (5) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih banyak untuk mengkaji tentang pengelolaan UKS yang berhubungan dengan layanan khusus sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item