Clustering representasi pengetahuan siswa pada peta konsep dengan algoritma k-means / Reni Fatrisna Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Clustering representasi pengetahuan siswa pada peta konsep dengan algoritma k-means / Reni Fatrisna Salsabila

Salsabila, Reni Fatrisna (2024) Clustering representasi pengetahuan siswa pada peta konsep dengan algoritma k-means / Reni Fatrisna Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan algoritma K-means dalam mengelompokkan peta konsep siswa untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran. Peta konsep digunakan sebagai alat penting dalam membantu siswa mengorganisasi pengetahuan mereka. Penelitian juga mencakup penentuan jumlah klaster (k) menggunakan metode Elbow dan Silhouette Coefficient. Dalam Elbow Method titik diidentifikasi di mana penambahan klaster tidak lagi memberikan penurunan signifikan dalam varians. Silhouette Coefficient digunakan untuk memberikan pengukuran sejauh mana setiap poin dalam kluster mirip satu sama lain dan berbeda dari kluster lainnya. Evaluasi kualitas pengelompokan dilakukan dengan menggunakan Davies ndash Bouldin Index (DBI) Inertia (sum of square) dan Density Performance. DBI memberikan informasi tentang seberapa baik kluster terpisah dan seberapa seragam klastranya. Inertia mengukur sejauh mana titik-titik dalam kluster bersamaan sementara Density Performance mengukur kepadatan kluster. Dengan penerapan metode Elbow dan Silhouette Coefficient penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas algoritma K-means dalam mengelompokkan peta konsep siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pengembangan metode analisis peta konsep siswa menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:29
Last Modified: 15 Jan 2025 07:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/331002

Actions (login required)

View Item View Item