Peningkatan pemahaman bahan belajar sains siswa kelas III SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabipaten kediri dengan pendekatan tematik melalui variasi metode pembelajaran Numbered Heads Together / Niken Dani Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman bahan belajar sains siswa kelas III SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabipaten kediri dengan pendekatan tematik melalui variasi metode pembelajaran Numbered Heads Together / Niken Dani Safitri

Safitri, Niken Dani (2012) Peningkatan pemahaman bahan belajar sains siswa kelas III SDN Pule 2 Kecamatan Kandat Kabipaten kediri dengan pendekatan tematik melalui variasi metode pembelajaran Numbered Heads Together / Niken Dani Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Tematik Metode Pembelajaran Numbered Heads Together. Pembelajaran Sains di SDN Pule 2 kecamatan Kandat kabupaten Kediri selama ini guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif karena guru hanya menjelaskan saja selama kegiatan pembelajaran dan siswa hanya mendengarkan saja kemudian guru memberi soal atau PR untuk dikerjakan secara individu oleh siswa. Kegiatan diskusi dalam pembelajaran juga tidak pernah dilakukan sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan siswa menjadi tidak aktif. Selain itu siswa juga menjadi bersifat individual dan cenderung tidak bisa bekerjasama dengan teman-temannya. Nilai mata pelajaran Sains siswa kelas III rata-rata di bawah SKM dan siswa banyak yang tidak pernah memperhatikan saat pembelajaran berlangsung Untuk menangani masalah tersebut maka guru dan peneliti memutuskan untuk menerapkan sebuah pembelajaran yang sesuai untuk siswa kelas III SDN Pule 2 yaitu pembelajaran dengan pendekatan Tematik dan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman bahan belajar sains siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana yang menjadi ciri khasnya adalah adanya siklus-siklus. Dalam Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari tes setelah pelaksanaan tiap siklus dilengkapi dengan hasil observasi. Pada penerapan pendekatan Tematik dan metode pembelajaran NHT siklus 1 diperoleh data bahwa rata-rata skor hasil tes siswa pada mata pelajaran Sains adalah 71 25 dengan keterangan 15 siswa mencapai SKM dan 9 siswa belum mencapai SKM. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada penerapan pendekatan Tematik dan metode pembelajaran NHT siklus 1 belum berhasil karena dari 24 siswa hanya 15 siswa yang dapat mencapai SKM untuk itu perlu adanya tindak lanjut dengan siklus 2. Setelah peneliti dan guru merancang pelaksanaan pembelajaran untuk siklus 2 dengan melihat hasil refleksi siklus 1 akhirnya pada penerapan pendekatan tematik dan metode pembelajaran NHT di siklus 2 memperoleh hasil yang lebih baik. Rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 95 dengan keterangan 19 siswa mencapai SKM dan 5 siswa belum mencapai SKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan tematik dan metode pembelajaran NHT telah berhasil dalam meningkatkan pemahaman bahan belajar sains siswa kelas III SDN Pule 2 kecamatan Kandat kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item