Setiyawati, Novita (2010) Manajemen kesiswaan di rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) (Studi kasus di SMP Negeri 1 Pamekasan) / Novita Setiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci manajemen kesiswaan rintisan sekolah bertaraf internasional Pendidikan merupakan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa. Melalui pendidikan akan ditentukan secara langsung bagaimana kualitas sumber daya manusia yang akan dihasilkan oleh bangsa tersebut. Kenyataan inilah yang mendorong pemerintah untuk melaksanakan program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia agar setara dengan negara-negara lain sehingga mutu lulusannya memiliki daya saing yang tinggi di kancah internasional. Tahap penyelenggaraan SBI dimulai pada fase rintisan terlebih dahulu selanjutnya menuju fase kemandirian. Rintisan SBI adalah sekolah yang melaksanakan atau menyelenggarakan pendidikan bertaraf internasional dimana baru sampai pada fase pengembangan kemampuan pada berbagai komponen sekolah untuk memenuhi Indikator Kinerja Kunci Minimal (IKKM) dan Indikator Kinerja Kunci Tambahan (IKKT) sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Manajemen sekolah merupakan salah satu komponen yang harus ditingkatkan oleh rintisan sekolah bertaraf internasional. Sedangkan salah satu substansi manajemen sekolah yang memerlukan pengembangan adalah manajemen kesiswaan. Pengembangan manajemen kesiswaan di RSBI sangat diperlukan untuk mengatur segala kebutuhan siswa yang nantinya diharapkan menjadi output dan outcomes yang berkualitas dan mampu bersaing dengan output dan outcomes dari negara lain. Pengembangan tersebut meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan siswa mulai dari siswa tersebut masuk sampai dengan lulus dari sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif yang berlokasi di SMP Negeri 1 Pamekasan. Fokus penelitian ini antara lain (1) Sistem Seleksi Penerimaan Siswa Baru di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan (2) Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi Siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan (3) Upaya Sekolah Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan dan (4) Upaya Sekolah Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik observasi (2) teknik wawancara mendalam dan (3) teknik dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari (1) wakil kepala sekolah (2) penanggungjawab RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan (3) Penanggungjawab Kesiswaan urusan pengembangan diri dan prestasi sekaligus guru BK (4) pembina OSIS dan (5) beberapa siswa. Data yang diperoleh iv kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data display data dan verivikasi data atau kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan serta uji triangulasi sumber data dan metode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk masing-masing fokus penelitian diinformasikan sebagai berikut (1) sistem seleksi penerimaan siswa baru di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan menggunakan kebijakan dari Direktorat SMP sedangkan kebijakan operasionalnya disesuaikan dengan kondisi sekolah. Peserta diseleksi kemampuan akademik dan non akademiknya. Semua guru dan staf TU turut dilibatkan sebagai panitia PSB. (2) pembinaan OSN bagi siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan dilakukan dengan mengadakan kegiatan Sains Club dan Potensial Club serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga olimpiade. Sekolah memiliki wewenang untuk memilih siswa berbakat sains untuk mengikuti OSN tingkat kabupaten. Pembinaan terus dilakukan sampai siswa mengikuti OSN tingkat nasional. (3) upaya sekolah mengembangkan bakat dan minat siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu dengan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat non akademik (keagamaan seni dan olahraga) serta membentuk OSIS untuk mengembangkan bakat dan minat kepemimpinan dan berorganisasi. (4) upaya sekolah meningkatkan kedisiplinan siswa di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan yaitu dengan sosialisasi tata tertib siswa melalui Buku Pribadi Siswa dan menempelnya di setiap kelas. Sekolah menggunakan sistem scoring untuk setiap pelanggaran yang dilakukan siswa. Semua personil sekolah khususnya guru BK dan kepala sekolah serta warga sekitar turut terlibat dalam peningkatan kedisiplinan. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan agar kepala sekolah hendaknya mulai menerapkan pendaftaran secara online untuk penerimaan siswa baru di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan. Sehingga bisa terakses oleh para peserta PSB tanpa harus datang langsung ke sekolah. Selain itu hendaknya kepala sekolah dapat mengembangkan kegiatankegiatan manajemen kesiswaan lainnya sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi para siswanya. (2) guru dan karyawan SMP Negeri 1 Pamekasan agar selalu turut terlibat dalam upaya peningkatan kedisiplinan siswa. Salah satunya dengan memiliki tingkat disiplin yang tinggi agar menjadi contoh bagi para siswanya. (3) orang tua/wali siswa agar selalu memilih sekolah yang berkualitas untuk pendidikan putra-putrinya. Selain itu peran orang tua/wali siswa sangat dibutuhkan untuk selalu mendukung dan memantau perilaku anak agar terhindar dari hal-hal yang negatif. (4) kepala sekolah lain agar mengambil contoh positif dalam penerapan manajemen kesiswaan yang telah dilakukan di RSBI SMP Negeri 1 Pamekasan sehingga nantinya bisa diterapkan di sekolahnya. (5) pengelola jurusan administrasi pendidikan agar menambah referensi mengenai program SBI dan manajemen kesiswaan dan (6) peneliti lain agar dapat melakukan penelitian sejenis yang berkaitan dengan manajemen kesiswaan di RSBI dengan fokus penelitian pada ruang lingkup manajemen kesiswaan yang belum diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |