Penerapan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V semester II tahun 2011/2012 di SD Negeri Tanjungrejo I Malang / Ilham Fahriansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V semester II tahun 2011/2012 di SD Negeri Tanjungrejo I Malang / Ilham Fahriansah

Fahriansah, Ilham (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V semester II tahun 2011/2012 di SD Negeri Tanjungrejo I Malang / Ilham Fahriansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Keaktifan Hasil Belajar Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dipilih untuk diterapkan di SD Negeri Tanjungrejo I Malang Mata pelajaran IPS Kelas V Semester II karena proses pembelajarannya belum sesuai dengan prinsip belajar sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu juga pelajaran IPS materinya membutuhkan waktu lama waktunya terbatas jika dikerjakan secara individu harus dikuasai secara mendalam agar pengetahuan yang sudah diperoleh siswa tidak mudah dilupakan dan siswa dapat mencari sendiri makna dari sesuatu yang mereka pelajari. Maka dengan metode pembelajaran kooperatif jigsaw waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama karena materi dikerjakan secara berkelompok dimana setiap siswa diberikan materi yang berbeda dalam kelompok dan kemudian masing-masing siswa menjelaskan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain bisa meringankan siswa dalam menguasai suatu materi proses pembelajarannya menekankan pada keaktifan dan pengalaman siswa secara langsung sehingga materi yang diperoleh siswa tidak mudah dilupakan hasil belajarnya dapat dicapai dengan kelompok jigsaw atau kelompok ahli. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw untuk siswa kelas V semester II di SD Negeri Tanjungrejo I Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Dimana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini setiap siklusnya ada 2x pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari tes hasil belajar siswa hasil observasi/pengamatan dan dilengkapi dengan data wawancara catatan lapangan dan pedoman dokumentasi. Proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dari siklus I ke siklus II yaitu peneliti lebih merangsang interaksi antar siswa dan peneliti lebih berusaha untuk menemukan soal-soal yang sulit. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw hasil dan keaktifan belajar siswa dalam kelompok pada mata pelajaran IPS kelas V semester II di SD Negeri tanjungrejo I meningkat. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 71 20 dan ketuntasan klasikal 69% menjadi sebesar 84 13 dan ketuntasan klasikal 90% pada siklus II. Sedangkan rata-rata keaktifan siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 67 8% dan 69 7% menjadi sebesar 82 4% dan 86 6% pada siklus II pertemuan 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item