Pengembangan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia untuk siswa kelas III semester II SD Laboratorium UM tahun 2006/2007 / Alfiyan Yasin

Alfiyan Yasin (2009) Pengembangan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia untuk siswa kelas III semester II SD Laboratorium UM tahun 2006/2007 / Alfiyan Yasin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai banyak permasalahan, khususnya metode pembelajaran, guru seharusnya memberi kesempatan belajar kepada siswa jika sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan peraturan sekolah. Siswa yang bersemangat belajarnya hanyalah siswa yang suka dan bisa memahami materi yang sedang diberikan, oleh karena itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa, metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia untuk siswa kelas III semester II SD Laboratorium UM tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode permainan ular tangga di kelas III semester II sekolah dasar Laboratorium UM yang sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan tahap-tahap perkembangan anak, dan diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran pendidikan kewarganegaraan khususnya untuk materi kekayaan alam bangsa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini menghasilkan produk yang berupa bentuk pengembangan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu siswa cepat memahami dan menunjukkan sikap bangga sebagai anak Indonesia, siswa dapat menjelaskan kembali materi yang diajarkan oleh gurunya, dan indikatornya adalah hasil uji coba kevalidan pengembangan metode permainan ular tangga pada ahli media, dengan skor sebesar 85 keterangan valid. Data Hasil uji coba kevalidan pengembangan metode permainan ular tangga pada ahli materi, dengan skor sebesar 88,3 keterangan valid. Sedangkan, data hasil uji coba kevalidan pengembangan metode permainan ular tangga pada audiens atau responden, dengan skor sebesar 81,5 keterangan valid. Nilai rata-rata siswa perkelas yaitu kelas III A yang tidak menggunakan pengembangan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia rata-rata nilainya 63,3 sedangkan kelas III B yang menggunakan pengembangan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia rata-rata nilainya 70,5. Hal ini dibuktikan bahwa hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai harga t: 2,914 dan d.b: 58, selanjutnya dilakukan penelaahan pada tabel dengan taraf kepercayaan (80%) setelah dibandingkan, antara t tabel:2,001 (perhitungan di lihat di lampiran) dengan harga t hitung: 2,914 maka 2,914>2,001 artinya t hitung>t tabel. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa perbandingan hipotesis dengan menerapkan rumus statistik diperoleh hasil Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode permainan ular tangga pada pembelajaran kekayaan alam bangsa Indonesia untuk siswa kelas III semester II SD laboratorium UM tahun 2006/2007 lebih tinggi dari pada yang tidak menggunakan metode permainan ular tangga. Metode permainan ular tangga ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III semester II SD laboratorium UM Malang. Saran yang diajukan, hendaknya produk yang sudah dihasilkan ditindak lanjuti sesudah pengembangan, pada hal-hal yang berkenaan dengan kontribusi metode permainan ular tangga terhadap aspek-aspek pembelajaran secara keseluruhan. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item