Pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image (studi kasus pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang) / Widi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image (studi kasus pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang) / Widi Astuti

Astuti, Widi (2009) Pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image (studi kasus pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang) / Widi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi merupakan salah satu faktor yang turut berpengaruh bagi pesatnya pertumbuhan bisnis. Salah satu produk kemajuan teknologi komunikasi adalah ditemukannya kartu prabayar atau kartu seluler untuk memperlancar komunikasi via telepon seluler atau handphone sehingga membuka peluang baru bagi dunia usaha dan bermunculanlah berbagai kartu seluler dengan berbagai keunggulan masing-masing. Bagi provider kartu seluler Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang cukup berprospek untuk pemasaran produk mereka. Sehingga bermunculanlah counter-counter yang menjual berbagai macam kartu seluler. Peranan positioning untuk menancapkan keunggulan-keunggulan kartu seluler di benak konsumen sangat menentukan. Sehingga dengan terbentuknya positioning di benak konsumen maka brand image terhadap kartu seluler itu pun akan tercipta.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi positioning dan brand image pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang (2) mengetahui pengaruh positioning secara parsial terhadap pembentukan brand image pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang (3) mengetahui pengaruh positioning secara simultan terhadap pembentukan brand image pada pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang (4) mengetahui variabel yang dominan dari unsur-unsur positioning berupa atribut produk harga dan kualitas produk penggunaan produk pesaing produk dan manfaat produk terhadap pembentukan brand image. Variabel yang digunakan pada penelitian ini variabel bebas yakni Positioning (X) yang terdiri dari variabel Atribut Produk (X1) Harga dan Kualitas (X2) Penggunaan Produk (X3) Pesaing Produk (X4) dan Manfaat Produk (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Brand Image (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausalitas. Populasi yang digunakan adalah pengguna kartu prabayar IM3 di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 87 responden yang dipilih secara accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh positioning terhadap pembentukan brand image baik secara parsial maupun simultan. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil peneletian ini adalah sebagai berikut (1) Atribut produk tidak berpengaruh dalam pembentukan brand image dengan hasil thitung ttabel (0 667alpha (0 506 0 05). Sumbangan efektif 0 55% (2) Harga dan kualitas berpengaruh dalam pembentukan brand image dengan hasil thitung ttabel (4 827 1 987) dan sig.t ttabel (-1 238alpha (0 219 0 05). Sumbangan efektif 1 85% (5) Manfaat produk berpengaruh terhadap pembentukan brand image dengan hasil thitung ttabel (2 706 1 987) dan sig.t2 33) dan sig.F

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32995

Actions (login required)

View Item View Item