Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen air mineral merek Aqua kemasan galon di perumahan Panorama Megah Blitar) / Rika Sayu Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen air mineral merek Aqua kemasan galon di perumahan Panorama Megah Blitar) / Rika Sayu Fitriana

Fitriana, Rika Sayu (2010) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen air mineral merek Aqua kemasan galon di perumahan Panorama Megah Blitar) / Rika Sayu Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin banyaknya merek-merek baru yang bermunculan membuat persaingan merek semakin sengit. Hal ini memaksa setiap perusahaan untuk terus berupaya membuat konsumen selalu mengingat dan memiliki preferensi terhadap mereknya. Ketikasebuahmerek memiliki ekuitas yang tinggi maka merek tersebut akan dipersepsikan oleh konsumen dengan hal-hal yang bersifat positif. Dengan pengelolaan ekuitas merek secara tepat akan menciptakan asosiasi terhadap merek yang akhirnya sebuah merek dapat memiliki posisi yang strategis di pasar memiliki product life cycle lebih panjang dan dapat menahan gempuran dari pesaing. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah kondisi ekuitas merek dan keputusan pembelian pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas yaitu ekuitas merek yang meliputi unsur kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) dan nilai ekuitas dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ekuitas merek dan keputusan pembelian pengaruh secara parsial dan simultan variabel bebas dan variabel terikat dan nilai ekuitas dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat deskriptif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar yang berjumlah 103 KK. Sampel yang diambil sebanyak 51 KK/responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sample. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis regresi berganda uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F serta perhitungan nilai dominan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konsumen air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar memiliki kondisi ekuitas merek (kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek) yang sangat tinggi (2) Konsumen air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar dalam membuat keputusan sangat memperhatikan pilihan produk pilihan merek pilihan penyalur waktu pembelian dan jumlah pembelian (3) Secara parsial kesadaran merek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar. Asosiasi merek mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar. Persepsi kualitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar. Namun loyalitas merek tidak mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar (4) Secara simultan ada pengaruh signifikan kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar dan (5) Ekuitas merek yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli air mineral merek AQUA kemasan galon di Perumahan Panorama Megah Blitar adalah kesadaran merek. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran-saran yang dapat peneliti berikan kepada Perusahaan AGM (Aqua Golden Mississippi) adalah sebagai berikut (1) Tidak berhenti mengkomunikasikan mereknya kepada konsumen baik melalui kegiatan promosi ataupun alat publisitas lainnya seperti melakukan kegiatan periklanan yang bertujuan mengingatkan konsumen terhadap produk AQUA (2) Melakukan kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas produk melalui produk-produk terbaru yang inovatif seperti AQUA dengan rasa buah teh dan lain sebagainya (3) Semakin meningkatkan mutu produk dan memberikan kualitas yang sebanding dengan harganya dan (4) Memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan misalnya distributor yang mampu berkomunikasi dengan baik (penampilan menarik ramah dan sopan) serta jangkauan distribusi yang luas dan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item View Item