Pengaruh desain kemasan (packaging) tek kotak jasmine tea Ultrajaya 300 ml terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Sandradevi Crisdiana Sahatta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh desain kemasan (packaging) tek kotak jasmine tea Ultrajaya 300 ml terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Sandradevi Crisdiana Sahatta

Sahatta, Sandradevi Crisdiana (2009) Pengaruh desain kemasan (packaging) tek kotak jasmine tea Ultrajaya 300 ml terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Sandradevi Crisdiana Sahatta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sahatta Sandradevi C. 2008. Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Teh Kotak Jasmine Tea Ultrajaya 300 ml Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. F. Danardana Murwani M. M. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M. Si. Kata kunci desain kemasan keputusan pembelian konsumen Teh kotak jasmine tea Ultrajaya 300 ml Teh Kotak Jasmine Tea Ultrajaya ukuran 300 ml sangat praktis dan ekonomis praktis yang berarti kemasan tersebut mudah dibuka mudah dibawa mudah disimpan dan isi yang sesuai kebutuhan konsumen untuk sekali minum. Kemasan yang ekonomis dengan harga yang relatif terjangkau oleh konsumen hanya Rp 2.000 00 (Dua Ribu rupiah) per bungkusnya membuat produk ini mempunyai pangsa pasar yang luas jika dibandingkan dengan Teh Kotak rasa buah maupun Teh Bunga dengan produsen yang sama maupun Teh Kotak Sosro dengan produsen yang berbeda. Sebuah kemasan yang baik mampu mengajak pembeli untuk membeli barang tersebut. Oleh karena itu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain kemasan Teh Kotak Jasmine Tea Ultrajaya 300 ml terhadap keputusan pembelian konsumen dengan sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan menggunakan variabel bebas yaitu desain fungsional kemasan (X1) desain grafis kemasan (X2) dan etika kemasan (X3) serta variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bersifat korelasi kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih dengan menjelaskan hubungan antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis serta memberi gambaran yang jelas tentang keadaan-keadaan objek penelitian. Pengambilan data menggunakan teknik sampling purposive kepada 80 responden. Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini maka digunakan analisis statistik deskriptif atas data yang diperoleh dari penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh ketiga unsur kemasan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial diketahui bahwa pengaruh variabel desain fungsional kemasan (X1) terhadap pengambilan keputusan konsumen diperoleh nilai 946 1 0 385 dan nilai t Hitung 3 987 dengan tingkat signifikansi 0.000. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel desain fungsional kemasan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Pengaruh variabel desain grafis kemasan (X2) terhadap pengambilan keputusan konsumen diperoleh nilai 946 1 0.247 dan nilai t Hitung 3 001 dengan tingkat signifikansi 0.004. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel desain grafis kemasan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Pengaruh variabel etika kemasan (X3) terhadap pengambilan keputusan konsumen diperoleh nilai 946 1 0.223 dan nilai t Hitung 2 334 dengan tingkat signifikansi 0.022. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel etika kemasan terhadap pengambilan keputusan konsumen. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data secara simultan diketahui bahwa dari hasil uji ANOVA atau F Test diperoleh nilai F Hitung 20 064 dengan tingkat signifikansi F 0.000 0.05 sehingga terbukti bahwa desain fungsional desain grafis dan etika kemasan secara simultan berpengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Teh Kotak jasmine Tea Ultrajaya 300 ml. Selain itu dari hasil regresi model summary diketahui bahwa nilai Adj. R Square 0 420. Hal ini berarti 42% pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh desain kemasan yang terdiri dari desain fungsional kemasan desain grafis kemasan dan etika kemasan. Sedangkan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dari ketiga variabel bebas tersebut desain fungsional kemasan memberikan pengaruh yang dominan terhadap keputusan pengambilan konsumen dengan nilai 946 0 385 dan besarnya sumbangan efektif sebesar 23%. Hal ini karena kemasan terebut memberikan jaminan akan kualitas bahan kemasan minuman dan kepraktisan kemasan yang berarti kemasan mudah dibuka mudah dibawa mudah disimpan dan isinya yang sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk sekali minum. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan hendaknya produsen terus mengembangkan kemasan produknya lebih inovatif sebagai strategi untuk memperbesar volume penjualan diantaranya dengan melakukan diferensiasi kemasan produk atau perubahan desain kemasan yang lebih menarik sesuai saran yang diberikan konsumen dari kuesioner. Hal ini dikarenakan sebagian besar responden setuju menganggap bahwa desain fungsional kemasan desain grafis kemasan dan etika kemasan Teh Kotak Jasmine Tea Ultrajaya 300 ml sudah cukup baik meskipun hanya berpengaruh sebesar 42% terhadap tipe keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item