Susanto, Dwi Budi (2010) Pengaruh penggabungan (Regrouping) Sekolah dasar terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan se-Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Dwi Budi Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penggabungan sekolah (regrouping) keefektifan efisiensi Regrouping merupakan penggabungan beberapa Sekolah Dasar (SD) menjadi satu dalam rangka efisiensi anggaran pendidikan dan efektifitasnya untuk peningkatkan mutu pendidikan atau merupakan usaha penyatuan dua unit SD atau lebih menjadi satu kelembagaan atau institusi dan diselenggarakan dalam satu pengelolaan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh efektifitas dan efisiensi regrouping terhadap penyelenggaraan pendidikan. Objek penelitian ditujukan kepada guru dan kepala sekolah sebagai responden. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan regrouping pada SD Negeri se-Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan (2) Seberapa tinggi tingkat keefektifan sekolah sebelum regrouping (3) tingkat keefektifan sekolah sesudah regrouping (4) Seberapa tinggi tingkat efisiensi sekolah sebelum dan sesudah regrouping (5) Seberapa tinggi tingkat efisiensi sekolah sesudah regrouping (6) Adakah perbedaan tingkat efektivitas penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping dan (7) Adakah perbedaan tingkat efisiensi penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan regrouping yang dilakukan di SD Negeri Se-Kecamatan Kraton (2) Mendeskripsikan tingkat keefektifan sekolah sebelum regrouping dalam upaya penyelenggaraan pendidikan (3) Mendeskripsikan tingkat keefektivan sekolah sesudah regrouping dalam upaya penyelenggaraan pendidikan (4) Mendiskripsikan tingkat efisiensi sekolah sebelum regrouping dalam upaya penyelenggaraan pendidikan (5) Mendiskripsikan tingkat efisiensi sekolah sesudah regrouping dalam upaya penyelenggaraan pendidikan (6) Mengetahui perbedaan tingkat efektivitas penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping (7) Mengetahui perbedaan tingkat efisiensi penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan dua penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan penelitian deskriptif komparatif kausal (causal comparative method). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji-t. Populasi ini didapatkan dari banyak jumlah SD yaitu 7 sekolah dan mendapatkan populasi sebanyak 58 orang guru dan 7 orang kepala sekolah. Jumlah populasi keseluruhan sebanyak 65 orang. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi. iv Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Pelaksanaan regrouping pada Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan sudah berjalan sangat baik dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan acuan pedoman penggabungan sekolah yang telah dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (2) Keefektifan penyelenggaraan pendidikan sebelum mengalami regrouping hasil yang didapatkan adalah sangat efektif. Dalam hal ini sekolah yang jumlah peserta didiknya sedikit justru lebih efektif dalam kegiatan belajar-mengajar (3) Keefektifan penyelenggaraan pendidikan sesudah regrouping hasil yang didapatkan adalah tidak efektif. Dalam hal ini berdasarkan temuan di lapangan menilai keefektifan penyelenggaraan pendidikan sesudah regrouping terdapat peningkatan dalam hal ini jumlah peserta didik baru semakin dapat dikontrol dengan baik (4) Efisiensi penyelenggaraan pendidikan sebelum mengalami regrouping hasil yang didapatkan adalah cukup efisien. Dalam hal ini Dinas Pendidikan sulit untuk mengklasifikasikan sekolah dikarenakan terlalu banyak sekolah (5 )Efisiensi penyelenggaraan pendidikan sesudah mengalami regrouping hasil yang didapatkan adalah sangat efisien. Dalam hal ini berdasarkan temuan di lapangan menilai efisiensi penyelenggaraan pendidikan sesudah regrouping terdapat peningkatan dalam hal ini Dinas Pendidikan tidak perlu lagi mengangkat Kepala Sekolah baru dikarenakan akan mengisi jabatan atau menggantikan Kepala Sekolah yang pensiun (6) Perbedaan tingkat efektivitas penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan antara efektifitas penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping. Dalam hal ini perbedaannya terdapat pada peningkatan kualitas pendidikan (7) Perbedaan tingkat efisiensi penyelenggaraan pendidikan sebelum dan sesudah regrouping terdapat pada penghematan anggaran pendidikan serta pada pengangkatan Kepala Sekolah baru. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini (1) Kepala Sekolah hendaknya dengan adanya pelaksanaan regrouping. Dalam hal kepala sekolah harus bersedia di mutasi atau dipindah tugaskan ke daerah lain. (2) Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dengan pelaksanaan regrouping tentu akan mengurangi pengangkatan kepala sekolah baru sehingga terjadi efisiensi anggaran pendidikan (3) Dinas Pendidikan hendaknya hasil evaluasi pelaksanaan regrouping tersebut guna penyempurnaan selanjutnya (4) Guru hendaknya dengan bertambahnya tenaga pendidik tentunya dapat melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang sangat baik (5) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya menjadikan skripsi dengan tema regrouping ini dapat menjadi kajian pengetahuan matakuliah manajemen perubahan dalam manajemen pendidikan (6) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya meneliti variabel yang lebih menarik dan memperbanyak subjek yang diteliti sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang bermanfaat dan berkualitas variabel yang direkomendasikan adalah pengaruh penggabungan (regrouping) sekolah terhadap tingkat kualitas belajar- mengajar siswa serta layanan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |