Manajemen waktu belajar pada matapelajaran bahasa inggris: studi kasus di MTs Surya dan Mts Rembulan di Malang oleh Yusniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen waktu belajar pada matapelajaran bahasa inggris: studi kasus di MTs Surya dan Mts Rembulan di Malang oleh Yusniawati

Yusniawati (2010) Manajemen waktu belajar pada matapelajaran bahasa inggris: studi kasus di MTs Surya dan Mts Rembulan di Malang oleh Yusniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengand iberlakukannyaU ndang-UndangN omor 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah maka berubah pula segala kebijakan pemerintah termasuk dalam bidang pendidikan. otonomi pendidikan pada intinya adalah berubahnya sistemk ebijakand ari sentralisasmi enjadi desentralisasyi ang berarti kepalas ekolah dapat membuat kebiiakan dalam mengelola lembaga pendidikan yang dipimpinnya sesuai dengan kebutuhan daerah. Penelitian ini berangkat dari munculnya sistem belajar fuil dry school yang dicetuskano leh kalangana kademisi.s istem trJlajarfult dry school menapakainis te . belajary ang berbedad alam pengelolaanw aktu behjamya. perbedaante rsebut berpedomanp adaP eraturanP emerintahR gpublik IndonesiaN omor 25 tatrun2 000 tentangK ewenanganP rovinsi SebagaDi aeraho tonom BAB II pasal2 ayat 3 tentang penetap-akna lenderp endidikand anj umlah jam belajare fektif setiapt atrun bagi pendidikand asar m enengahd an luar sekolah. Fokus penelitian ini adalah manajemen waktu belajar pada matapelajaran bahasaIn ggris di sekolahy ang menerapkans istemb laiar.full day schooi danlainnya yaitu sistemb elajar konvensional.S elanjutnyab erdasarkanfo kus tersebutd itemukan lima rumusanm asalahy aitu (l) Bagaimanakahm anajernenw aktu belajarp ada matapelajaranb ahasaI nggris di sekolahd engans istemb elajark onvensional ( 2) Bagaimanakatmr anajemenw aktu belajarp adam atapelajaranb ahasaIn ggris di sekolah dengan sistem belajar full day school (3) Kegiatan apa saja yang ailakukan siswad alamp rosesb elajarm atapelajaranb atrasaIn ggns ai sitcotatrd engans istem konvensional (4) Kegiatan apa saja yang dilala an siswa delam proses belajar matapelajararbra hasaIn ggrrsd i sekolahd engans istemb elajarf ult dry school dan (5) Manakahs istemb elajary ang lebih efektif dan efisien dari segim anajemenw aktu belajarp adam atapelajaralb ahasaIn ggris di sekolahy ang menerapkans istemb elajar konvensional ataukah pada sistem belajar full day school. Penelitiani ni menggunakanp endekatank ualitatif denganr ancangans tudi mrlti kasusd i-MTs surya dan MTS Rembulan.T eknik pengumpuland atay ang digunakanm eliputi (l) wawancara ( 2) observasi d an (3) dokumentasiD. ata yang berupai nformasi yang terkait denganp enelitiani ni diperolehd ari beberapain forman. f1loruran ulaura dalam penelitian ini adalatr kepala sekolah dan wakil rciaa sekolah bidangk urikulum dan gum matapelajaranb ahasaI nggris. Dari analisisd atad apatd isimpulkan( l) kegiatanm anajemenw aktu belajar di MTs Suryap adat ahapp erencanaanQ ttanning) ( a) pihak-pihaky ang tetlibat adalahn akil kepala sekolahb idangk urikulum dan seluruhg uru matapelajaranb ahasa Inggris ( b) waktu yang digunakanu nhrk merencanakana dalatra wal tahuna jaran baru ( c) kegiatany ang direncanakand alam prosesp embelajaranm eliputi 4 kegiatan (kompetensiy) aitu kompetensi membaca b erbicara d an manulis a tal kegiatanp erencanaanle bih banyakd ilaksanakand i sekolatr.s edangkanp adat atrap pelaksanaa(na ctuoting s( a ) waktu belqiard ilaksanakanp adap ukul 06.45- 15.20 ( b) 9 I jam pelajarant erdiri dari 40 menit (c) jarn belajarp adam atap lajaranb ahasa Inggris dalam I minggu adalah 200 menit (d) rencana yang disusun blsa selesai tepat waktu (e) suasanab elajar santai m enyenangka4a dam ulti int raksi d an siswaa ktif atamp embelajarynd an (D siswam arpu mencapaip restasib elajary angt inggi. selaqjutnyas etelahd iedqkrn analisisd atap adat ahapp erencanaaana n p lakra ur makam anajemenw aktu belajar di MTs Suryad apatd inyatakane fisien dan efektif (2) kegiatanm anajernenw aktu belajard i MTs Rembulanp adat ahapp erencanaan (planning) (a) pihak-pihak yang terlibat adalah wakil kepala sekolah bidang hrikulum dan guru matapelajantnb ahasaI nggns O) wattu yang digunakanu ntuk merencanakaand alaha wal tahun ajaranb anr dan (c) kegiatany ang direncanakan dalamp rosesp embelajaranm eliputi 3 kegiatanf tompetensi) yaitu kompetensi membacab erbicarq dan manulis. sedangkanp adat ahapp elaksanaan(a ctuating) ( a) . waktu belajard ilaksanakanp adap ukul 06.30 13.30 ( b) dalan I jam petajaran- - terdiri dari 40 menit (c) jan belajarp adam atapelajaranb ahasaIa tgds dalam I minggua dalah2 00 menit (d) suasanab eQiar santai m enyenangkana dam ulti interaksi d an siswaa ktifdalam pembelajarand an (e) prestasib elajary ang dicapai kurang maksimal. Selanjutnya setelah diadakan analisis data pada tahap perencanaan danp elaksanaanm aka manajernenw aktu belajar di MTs Rembuland apatd inyatakan tidak efisisn dan kurang efektif Dari hasil penelitian ini sran-saran yang diajukan adalatr (l) kepala sekolal/rrakil kepalas ekolahb idangk urikulum dan guru matapelajaranb ahasa Inggris hendaknyam empertahaokansi stemm anajemenw aktu belajary ang sudah dilaksanakand i MTs surya (2) bagi grrrum atapelajaranb ahasaIn ggns di-MTs Surya hendaknyad alam pelsksanaanP BM (salahs atunya)ju ga harusm emperhatikanta ta F49 .ipliol belajar di kelas (3) kepala sekolab/wakil kepata setonn bidang kurikulum dan guru matapelajaranb ahasaI nggrs di MTs Rembulan h endaknya memperbaiki sistem rrq ajemen waktu belajar yang diterapkan agar proses pembelqiamny ang dijalankand apatm encapeih asil yang maksimal d an (a) guru matapelajaranb ahasaI nggris dalamp elaksanaanp BM hendaknyam elakutian kegiatanm anajemenw aktu dan berpedomanp adak urikulum yang berlaku serta kegatnbclajarpada kompetensi ya g han s dikuasai siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item