Pengembangan media pembelajaran interaktif sains kelas IV semester 1 pokok bahasan sumber daya alam di SDN Tanjungrejo 1 Malang / Bram Nugroho Bagus Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif sains kelas IV semester 1 pokok bahasan sumber daya alam di SDN Tanjungrejo 1 Malang / Bram Nugroho Bagus Permadi

Permadi, Bram Nugroho Bagus (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif sains kelas IV semester 1 pokok bahasan sumber daya alam di SDN Tanjungrejo 1 Malang / Bram Nugroho Bagus Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media pembelajaran interaktif Sains. Media pembelajaran interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar dan dapat diputar kembali sesuai keinginan pebelajar. Dengan media interaktif pembelajar menjadi lebih aktif dalam mengikuti informasi materi yang terdapat di media tersebut karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifat dua arah. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data (1) kegiatan pembelajaran di SDN Tanjungrejo 1 Malang cenderung pada proses pembelajaran teacher centered (2) guru hanya menggunakan media berupa buku sehingga anak cepat bosan. Cara pembelajaran dan media yang dipakai tersebut menurut peneliti kurang efektif untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran Sains untuk itu peneliti berupaya mengembangkan media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD) sehingga dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Sains pokok bahasan Sumber Daya Alam untuk siswa kelas IV di SDN Tanjungrejo 1 Malang yang dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar dan mempermudah penyampaian materi pelajaran yang lebih efektif dan efisien serta dapat memotivasi siswa dalam menerima pelajaran. Prosedur pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif adalah menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Melakukan analisis kebutuhan 2) Mendesain media pembelajaran interaktif 3) Mengembangan produk 4) Melaksanakan implementasi 5) Melakukan evaluasi. Intrumen yang digunakan adalah berupa angket berisi tentang rancangan produk melakukan test hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh 85% untuk hasil validasi ahli media 86 6% untuk hasil validasi ahli materi 93 3% untuk hasil uji coba perseorangan 89 3 untuk hasil uji coba kelompok kecil dan 91 8% untuk hasil uji coba lapangan sedangkan pada test hasil belajar perseorangan diperoleh hasil yaitu 86 7% test hasil belajar kelompok kecil 88% dan test hasil belajar lapangan 87%.Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran interaktif digolongkan dalam kriteria layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan test hasil belajar disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan. Disarankan media pembelajaran interaktif dikembangkan lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. dalam Pengembangan media interaktif Sains Pokok Bahasan Sumber Daya Alam perlu ada perbaikan dalam penambahan video dan animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item