Pengaruh kemasan sikat gigi yang menggunakan tutup (helm) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada anggota KSR PMI Universitas Negeri Malang) / oleh Dian Eka Prasastianta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemasan sikat gigi yang menggunakan tutup (helm) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada anggota KSR PMI Universitas Negeri Malang) / oleh Dian Eka Prasastianta

Prasastianta, Dian Eka (2008) Pengaruh kemasan sikat gigi yang menggunakan tutup (helm) terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada anggota KSR PMI Universitas Negeri Malang) / oleh Dian Eka Prasastianta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemasan yang menarik dapat menjadi pendorong bagi pembeli untuk mencobanya karena tidak jarang keputusan unhrk membeli suatu produk terjadi hanya karena terpengaruh oleh bungkus yang menarik. Sering pula terjadi suatu produk dipilih karena bungkusnya lebih menarik dari pada produk lain yang sejenis. Kemasan dapat diiadikan sebagai alat promosi yang baik karena melalui kemasan yang menarik dapat merangsang konzumen unfirk mencoba menggunakan produk tersebut. Oleh sebab itu kemasan yang menarik masih harus tetap diperhatikan karena kemasan tersebut dapat menimbulkan kesan pada barangnya. Penelitian ini berhrjuan rmhrk mengetahui pengaruh secara parsial dan simtrltan faktor kemasan terhadap keputusan pembelian konsunen. Responden penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah anggota KSR PMI Universitas Negeri Malang. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu lzriabel independen (X) yang terdiri dari bahan kemasan (X1) daya tarik visual kemasan (Xz) daya tarik praktis kemasan (Xr) dan etika kemasan ( ). Sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggr.nakan pendekatan deskriptif korelasional data diperoleh dengan menggunakan teknik angket/kuesioner tertutup. Jurnlah populasi sebanyak 307 orang dengan pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling sebanyak 77 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for windows release 11.0. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis data regresi berganda maka dapat diketahui hasil penelitian yang menyatakan (l) nilai0 r 0 270 ntlai t 3 951 dans ignifikanst i0 0.00 SE 29 38% SR 20 45% membuktikan bahwa pengaruh variabel independen X1 (bahan kemasan) terhadap variabel dependen Y (keputusan pembelian) sigrifikan atau dapat dipercaya (2) nilai Fz 0 289 nilai t 3 692 dan signifikansit 0 000 SE 20 660/oS. R 14 38% membuktikan bahwa pengaruh variabel independen X2 daya tarik visual kemasan) terhadap variabel dependen Y (keputusan pembelian) sigrifikan atau dapat dipercaya (3) nilai Fr 0 406 nilai t 5 692 dm sigrifikansi t - 0 000 SE 30 20% SR 21 02o/om embuktikan bahwa pengaruh variabel independen X (daya tarik praktis kemasan) terhadap variabel dependen Y (keputusan pembelian) sigaifikan atau dapat dipercaya( a) nilai Ba- A 279 n ilai t 4 074 dans ignifikansit 0 000 SE 19 76% SR 13 75%m embuktikanb ahwa penganrhv ariabel independen) la (etika kemasan) terhadap variabel dependen Y (keputusan pembelian) sipifikan atau dapat dipercaya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat dttank kestmpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan antara bahan kemasan (Xr) daya tarik visual kemasan (Xz) daya tarik praktis ii kemasan (X3) dan etika kemasan (Xa) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen telah terbukti. Saran yang bisa dikemukakan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian ini adalah (1) Dalam membuat kemasan suatu produk hendaknya produsen memperhatikan bahan dari kemasan. (2) Kemasan suahr produk memainkan peranan yang cukup besar guna menarik lebih banyak konsumen atau calon pembeli. (3) Dalam membeli suatu produk seorang konsumen tentunya menginginkan produk yang dibelinya memberikan kemudahan saat pemakaian dan penyimpanannya serta dapat melindungr produk dari kontaminasi. (4) Suatu produk yang didukung dengan penampilan yang menarik dapat dijadikan sebagai alat advertensi bagi perusahaan. (5) Kemasan dapat menciptakan kesan pada barang atau produknya apabila kesan tersebut bagus maka citra perusahaan juga ikut bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32880

Actions (login required)

View Item View Item