Dampak peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) nomor 84 tahun 2009 terhadap perencanaan untuk siswa dalam mengahadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1 (MAN Malang 1) / Hidayatul Mahmudah - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) nomor 84 tahun 2009 terhadap perencanaan untuk siswa dalam mengahadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1 (MAN Malang 1) / Hidayatul Mahmudah

Mahmudah, Hidayatul (2010) Dampak peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) nomor 84 tahun 2009 terhadap perencanaan untuk siswa dalam mengahadapi ujian nasional di Madrasah Aliyah Negeri Malang 1 (MAN Malang 1) / Hidayatul Mahmudah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci dampak permendiknas perencanaan untuk siswa dan ujian nasional. Dampak negatif dan positif secara fisik/materi dan mental/psikologi dalam diri siswa sebagai peserta ujian nasional (UN) muncul dari Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 sebagai implikasi salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia melalui evaluasi program pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yaitu UN. Berbagai upaya sebagai wujud perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN tengah dilakukan oleh MAN Malang 1 dan diri siswa sendiri dengan dukungan lingkungan sekitar. UN bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sistem sentralistik. MAN Malang 1 merupakan lembaga pendidikan Islami yang menyelenggarakan UN secara rutin setiap tahun dan menerapkan Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009. Fokus penelitian ini mengungkap (1) dampak Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 terhadap perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN di MAN Malang 1 (2) penerapan Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 di MAN Malang 1 (3) faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi berkaitan dengan penerapan Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 dalam perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN di MAN Malang 1 dan (4) strategi yang dilakukan untuk menanggulangi faktor penghambat penerapan Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 dalam perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN di MAN Malang 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain (1) teknik wawancara (2) teknik observasi dan (3) analisis dokumen. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik-teknik tersebut selanjutnya dianalisis untuk menyusun temuan penelitian yang diperoleh dari informan kunci yaitu siswa kepala MAN Malang 1 wakil kepala bidang kurikulum dan orangtua siswa. Keabsahan data diuji dan diperiksa dengan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan (1) dampak yang ditimbulkan dari Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 dalam perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN meliputi dampak positif dan negatif baik secara materi maupun mental atau psikologis siswa (2) penerapan Permendiknas Nomor 84 Tahun 2009 di MAN Malang 1 diimplementasikan dengan adanya program kerja persiapan UN dalam perencanaan siswa sebagai usaha menyukseskan UN dengan keberhasilan lulusan yang berprestasi. Proses ii perencanaan melalui tahapan fungsi manajemen yaitu penyusunan program pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi (3) dalam perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat baik yang berasal dari intern maupun ekstern siswa dengan memanfaatkan kekuatan kelemahan peluang dan ancaman (analisis SWOT) yang terintegrasi di tubuh MAN Malang 1 (4) strategi untuk menanggulangi dampak negatif yang juga menjadi faktor penghambat meliputi inisiatif pro aktif dari pihak MAN Malang 1 untuk menjemput bola kepada Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dalam memperoleh informasi baru persiapan UN siswa yang motivasi belajarnya menurun dipecahkan dengan mengadakan ESQ guna membangun motivasi belajar dan kepercayaan diri didukung oleh istighosah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME rasa lelah dan jenuh akibat rutinitas belajar yang terus menerus diatasi dengan beristirahat atau tidur untuk memulihkan tenaga dan pikiran dan masalah pribadi segera diselesaikan dan ditemukan solusi pemecahannya. Berdasarkan kesimpulan hasil temuan penelitian dikemukakan saransaran berikut yaitu (1) pejabat Kementerian Pendidikan Nasional untuk melakukan perbaikan kebijakan pelaksanaan UN agar tidak digunakan sebagai penentu kelulusan guna mengurangi dampak negatif yang timbul (2) kepala dan guru MAN Malang 1 agar membuat standar program kegiatan pencapaian hasil program persiapan UN (3) siswa MAN Malang 1 meningkatkan kualitas kegiatan belajar dimulai dari awal menempuh jenjang pendidikan guna mempersiapkan fisik/materi dan mental/psikologi lebih dini (4) orangtua siswa dan masyarakat meningkatkan peran orangtua dan masyarakat dalam mendukung dan memotivasi dalam perencanaan untuk siswa dalam menghadapi UN (5) semua pihak yang bergerak di bidang pendidikan mengkaji pelaksanaan UN melalui penelitian ilmiah guna memperbaiki sistem evaluasi pembelajaran yang kredibel (6) peneliti lain untuk dapat mengembangkan pendekatan lain dan memperdalam fokus penelitian dalam variasi sudut pandang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item