Dewi, Ratna (2010) Kontribusi gaya kepimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk / Ratna Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Ratna. 2010. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Mustiningsih M. Pd (II) Drs. H. Sultoni M. Pd. Kata kunci gaya kepemimpinan motivasi kerja kinerja guru Kepemimpinan pendidikan yaitu kepala sekolah sangat penting karena merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru-guru dan karyawan sekolah. Begitu besarnya peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan sehingga dapat dikatakan keberhasilan suatu sekolah sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab secara umum tugas-tugas pokok kepala sekolah dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu tugas di bidang administrasi dan tugas di bidang supervisi. Dunia pendidikan saat ini sedang menghadapi dua tantangan yaitu pertama adanya perubahan kurikulum dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) ke KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kedua terbukanya persaingan yang ketat di bidang pendidikan tanpa terhalang jarak waktu dan ruang yang menuntut sekolah harus lebih maju dan mampu bersaing dengan sekolah lain baik dari dalam maupun dari luar negeri. Menghadapi tantangan tersebut maka pihak sekolah perlu untuk meningkatkan kinerja yang lebih tinggi dari guru. Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana deskripsi gaya kepemimpinan motivasi kerja dan kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk 2) Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri di kabupaten Nganjuk 3) Apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di kabupaten Nganjuk dan 4) Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Deskripsi gaya kepemimpinan motivasi kerja dan kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk 2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk 3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk 4) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk. ii Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk jumlah populasi dalam penelitian ini ada 160orang. Sampel yang digunakan sebanyak 113 dan ditentukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Teknik ini digunakan bertujuan untuk mengetahui kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru MTsN di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) terdapat 51 3% kepemimpinan kepala sekolah kriteria tinggi 62 8% motivasi kerja guru kriteria tinggi dan 42 5% kinerja guru juga masuk kriteria tinggi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi berganda sedangkan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan uji F dan uji t. (2) Ada pengaruh positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk sebesar R2 0 084 dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh positif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk sebesar R2 0 113 dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh positif gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Negeri di Kabupaten Nganjuk sebesar R2 0 116. Berarti Ha diterima dan Ho ditolak dimana Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2) yang secara simultan terhadap kinerja guru (Y). Berdasarkan hasil penelitian disarankan 1) Kepala sekolah MTs Negeri perlu mempertahankan dan meningkatkan gaya kepemimpinan yang lebih bagus lagi perlu dilaksanakan upaya-upaya dalam peningkatan kinerja guru dengan memperhatikan berbagai faktor pendorong dan motivasi di dalam maupun di luar lingkungan kerja sehingga tugas dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan hasil yang lebih memuaskan. 2) Guru MTs Negeri perlu mempertahankan dan meningkatkan motivasi kerjanya hal ini supaya kualitas sekolah tersebut bisa lebih unggul. 3) Penelitian ini dilakukan dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada untuk itu bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenisnya sebaiknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi. Mengembangkan variabel sampel dan metode lainnya agar penelitian lebih sempurna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |