Pengembangan media e-comics pembelajaran matematika bentuk soal cerita bab bilangan semester II pada siswa kelas 5 SDN Kauman I Malang / Anandia Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-comics pembelajaran matematika bentuk soal cerita bab bilangan semester II pada siswa kelas 5 SDN Kauman I Malang / Anandia Rahayu

Rahayu, Anandia (2012) Pengembangan media e-comics pembelajaran matematika bentuk soal cerita bab bilangan semester II pada siswa kelas 5 SDN Kauman I Malang / Anandia Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media E- comics pembelajaran matematika. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika telah banyak dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh berbagai pihak yang peduli terhadap pembelajaran matematika sekolah. Pada umumnya masalah pembelajaran matematika yang cenderung pada pembelajaran berpusat pada guru (teacher oriented) menjadikan anak jenuh dan kesusahan memahami soal matematika khususnya soal cerita . Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas dan guru pengajar matematika kelas V di SDN I Kauman Malang pada 2 Februari 2012 didapatkan hasil bahwa pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah dan pemakaian buku matematika yang telah disediakan oleh sekolah. Pemanfaatan LCD Proyektor yang tersedia di setiap kelas juga dilakukan untuk menampilkan materi matematika dalam bentuk slideshow namun tampilannya terlihat kurang menarik sehingga membuat siswa merasa jenuh dan kurang tertarik untuk belajar matematika. Pengembang ingin membuat siswa merasa tertarik untuk belajar matematika sehingga tujuan pembelajaran matematika khususnya bab bilangan pecahan semester 2 pada siswa kelas V di SDN Kauman I Malang dapat tercapai dengan adanya media sebagai pendukung materi pembelajaran. Pengembang memilih media e-comics dengan mengingat keunggulan efek cerita efek hiburan efek visual dan efek gabungan yang terdapat dalam media ini. Pengembangan media e-comics ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan post test. Media e-comics pembelajaran ini melalui tahap validasi media dan materi untuk diketahuai kelayakannya. Validitas dilakukan oleh 2 orang ahli media dengan hasil 90% yang berdasarkan kriteria termasuk valid dan dalam kualifikasi layak sedangkan oleh ahli materi didapat hasil 91 67% yang berdasarkan kriteria termasuk valid dan dalam kualifikasi layak dan dari audiens/ siswa satu lawan satu didapatkan skor presentase sebesar 93 75% media e-comics pembelajaran berdasarkan kriteria termasuk valid dan dalam kualifikasi layak dari audien/ siswa kelompok kecil didapatkan skor presentase sebesar 95 25% media e-comics pembelajaran berdasarkan kriteria termasuk valid dan dalam kualifikasi layak dipergunakan sebagai media pembelajaran. . Hasil dari post-test yang dilakukan pada siswa kelas V SDN I Kauman Malang mendapatkan hasil dari 28 orang siswa mereka rata-rata mendapatkan skor diatas 80 dan semua siswa memenuhi KKM sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa e-comics bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika bab bilangan semester II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item