Pengelolaan restoran kampus sebagai wahana pembelajaran praktik (studi kasus di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang) / Eva Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan restoran kampus sebagai wahana pembelajaran praktik (studi kasus di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang) / Eva Mayasari

Mayasari, Eva (2010) Pengelolaan restoran kampus sebagai wahana pembelajaran praktik (studi kasus di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang) / Eva Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mayasari Eva. 2010. Pengelolaan Restoran Kampus Sebagai Wahana Pembelajaran Praktik (Studi Kasus di Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. (II) Dr. A. Yusuf Sobri S.Sos M.Pd. Kata Kunci pengelolaan restoran kampus pembelajaran praktik Sebagai upaya pemenuhan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia pendidikan diselenggarakan pendidikan tinggi yang mempunyai daya saingdan mampu menjawab tuntutan arus globalisasi. Jurusan Teknik Industri Prodi Tata Boga Universitas Negeri Malang merupakan pendidikan yang mampu menjawab atas pemenuhan kualitas SDM tersebut. Jurusan ini mempunyai tujuan untuk mencetak tenaga yang terampil dan profesional serta dapat menciptakan lapangan kerja di bidang usaha. Jurusan Teknik Industri prodi Tata Boga Universitas Negeri Malang dalam hal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Jurusan ini mempunyai strategi cukup handal untuk mempersiapkan peserta didik (mahasiswa) agar mempunyai daya saing yang tinggi dengan menyediakan beberapa laboratorium sebagai wahana pembelajaran praktik. Salah satu laboratorium itu adalah Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensip tentang (1) pengelolaan restoran kampus Fajar TeachingRestaurant Universitas Negeri Malang yang meliputi perencanaan pengorganisasian pengawasan dan evaluasi (2) proses pengadaan sarana dan prasarana dalam pengelolaan restoran kampus Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang sebagai pembelajaran praktik (3) Implementasi pembelajaran praktik dalam pengelolaan restoran kampus Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang yang meliputi tahap persiapan tahap peragaan peragaan praktik dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi dalam penelitian ini adalah Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang. Dipilihnya restoran tersebut karena pengelolaan restoran dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Negeri Malang sendiri sehingga penerapan pembelajaran praktik dapat diaplikasikan dengan optimal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangan untuk sumber data menggunakan teknik sampling yaitu mencari informan yang paham mengenai hal-hal yang berkaitan dengan fokus penelitian ini. Proses analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia melalui alat pengumpulan data yaitu wawancara dan pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan dokumen pribadi dan dokumen resmi . Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dimana ii penyelidikan deskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Adapun tahap-tahap analisis data yaitu (1) reduksi data (2) display data (3) verifikasi data. Hasil dari penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa (1) pengelolaan Restoran Kampus Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang menyesuaikan proses manajemen yaitu tahap perencanaan pengorganisasian pengawasan serta evaluasi (2) pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain identifikasi barang analisis harga rapat koordinasi pencairan dana (3) Implementasi pembelajaran praktik dalam pengelolaan restoran kampus Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang yang meliputi tahap persiapan (menetapkan tujuan pembelajaran menyusun Rencana Pembelajarn Semester (RPS) dan menetapkan struktur organisasi) tahap peragaan (observasi dan pembelajaran tutor sebaya) praktik dan evaluasi. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada yang pertama pengelola Fajar Teaching Restaurant untuk lebih meningkatkan pembelajaran praktik lebih khusus dalam penambahan bobot jam mata kuliah sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih optimal. Kedua mahasiswa Jurusan Tata Boga Bidang Keahlian Usaha Jasa Restoran agar dapat dijadikan masukan untuk pengelolaan restoran kampus yang lebih inovatif dalam rangka untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi Restoran Kampus Fajar Teaching Restaurant Universitas Negeri Malang. Ketiga mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan agar dapat dijadikan sebagai salah satu bahan kajian untuk mengembangkan ilmu manajemen layanan khusus bidang kafetaria. Keempat peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai bahan referensi atau bahan bandingan yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam melakukan penelitian yang serupa atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3278

Actions (login required)

View Item View Item