Safitri, Ade (2010) Hubungan kualitas manajemen sarana pendidikan dengan keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Se-kota Malang / Ade Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safitri Ade. 2010. Hubungan Kualitas Manajemen Sarana Pendidikan dengan Keefektifan Penggunaan Sarana Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Dra. Maisyaroh M.Pd. Kata Kunci kualitas manajemen sarana pendidikan keefektifan penggunaan sarana belajar Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Terkait dengan tersedianya sarana yang memadai tentunya tidak terlepas dari adanya kualitas manajemen yang baik. Untuk meningkatkan kualitas manajemen sarana pendidikan maka dibutuhkan sarana yang memadai agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Selain itu sarana belajar juga hendaknya digunakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas manajemen sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang (2) keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang (3) hubungan antara kualitas manajemen sarana pendidikan dengan keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang dengan sampel sebanyak 105 guru dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi (Korelasi Pearson Product Moment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kualitas manajemen sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang tergolong tinggi (2) tingkat keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang tergolong tinggi (3) ada hubungan positif dan signifikan antara variabel kualitas manajemen sarana pendidikan (X) dengan keefektifan penggunaan sarana belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran kepada (1) Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang Hendaknya dapat meningkatkan kualitas manajemen sarana pendidikan agar dapat menunjang keefektifan penggunaan sarana belajar di sekolah (2) Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika SeKota Malang dalam kegiatan manajemen sarana pendidikan guru hendaknya dapat berperan secara maksimal agar kegiatan manajemen sarana pendidikan di sekolah dapat terlaksana dengan baik. Selain itu guru juga hendaknya dapat menggunakan sarana belajar secara efektif dan efisien (3) Jurusan Administrasi Pendidikan sebagai bahan informasi atau kajian dalam Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com Click to buy NOW PDFXCHANGE www.docutrack. com ii mengembangkan pengetahuan dalam bidang manajemen sarana pendidikan (4) Peneliti Lain diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu acuan untuk mengembangkan penelitian tentang kualitas manajemen sarana pendidikan dengan keefektifan penggunaan sarana belajar dengan ruang lingkup atau responden yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |