Perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rosyidah Nur Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rosyidah Nur Hidayati

Hidayati, Rosyidah Nur (2010) Perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Rosyidah Nur Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Rosyidah Nur. 2010. Perbedaan Motivasi dan Prestasi Belajar antara Mahasiswa Penerima dan Bukan Penerima Beasiswa di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Mustiningsih M.Pd (II) Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd Kata kunci motivasi prestasi belajar beasiswa Motivasi belajar merupakan daya penggerak aktif (dorongan) bagi mahasiswa jurusan AP FIP UM yang mampu memberikan semangat gairah dan keinginan untuk melakukan suatu kegiatan belajar. Dalam motivasi belajar juga terkandung adanya harapan kebutuhan tujuan dan sasaran untuk meningkatkan efektifitas belajar. Keadaan jiwa inilah yang mengaktifkan menggerakkan menyalurkan dan mengarahkan sikap serta perilaku mahasiswa kepada tujuan belajar. Motivasi belajar yang dimiliki oleh setiap mahasiswa berbeda-beda hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal untuk memotivasi mahasiswa diberikan dalam bentuk beasiswa. Dengan diberikannya beasiswa diharapkan motivasi belajar mahasiswa akan terus meningkat. Selain itu diharapkan dengan semakin meningkatnya motivasi belajar mahasiswa akan memberikan dorongan untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) seberapa tingkat motivasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM (2) bagaimanakah prestasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM (3) adakah perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM . Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM (2) untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM (3) untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu mendeskripsikan dan menemukan perbedaan unsur-unsur variabel motivasi dan prestasi belajar antara penerima dan bukan penerima beasiswa. Responden dalam penelitian sebanyak 122 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket tertutup kepada mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai responden penelitian. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji manova. ii Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama tingkat motivasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM termasuk dalam kualifikasi tinggi. Kedua prestasi belajar mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa termasuk dalam predikat sangat memuaskan. Ketiga terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara mahasiswa penerima dan bukan penerima beasiswa di jurusan AP FIP UM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diajukan saran kepada (1) Pihak Universitas Negeri Malang (UM) diharapkan dapat dijadikan pertimbangan kebijaksanaan dalam hubungan dengan pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa (2) Ketua Jurusan AP FIP UM sebagai bahan informasi untuk meningkatkan upaya jurusan dalam menciptakan faktor-faktor yang dapat mendukung motivasi dan prestasi belajar mahasiswa (3) Dosen Jurusan AP FIP UM diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah dengan cara menciptakan proses belajar yang lebih aktif (4) Mahasiswa Jurusan AP FIP UM untuk tetap dapat mempertahankan serta terus meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya (5) Peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian lain yang sejenis dengan lebih memperluas pembahasan pada pokok permasalahan serta variabelnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item