Perbedaan pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-kota Malang / Wulan Agustin Herdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-kota Malang / Wulan Agustin Herdiana

Herdiana, Wulan Agustin (2010) Perbedaan pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-kota Malang / Wulan Agustin Herdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herdiana Wulan Agustin. 2010. Perbedaan Pengelolaan Kelas Inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sultoni M.Pd Pembimbing (II) Dra. Mustiningsih M.Pd Kata kunci pengelolaan kelas inklusi Dalam rangka mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan perhatian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberi warna lain dalam penyelenggaraan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pada penjelasan Pasal 15 disebutkan bahwa pendidikan khusus merupakan pendidikan untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus atau peserta didik yang memiliki kecerdasan yang luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satu pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah . Pasal tersebut memungkinkan terobosan bentuk pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus berupa penyelenggaraan pendidikan inklusi. Kota Malang merupakan salah satu kota yang sudah menerapkan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi mulai diujicobakan di Kota Malang pada tahun 2002. Sekarang ini ada beberapa SD yang menyelenggarakan pendidikan inklusi baik SD Negeri maupun SD Swasta se-Kota Malang. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari Dinas Pendidikan Kota Malang tahun 2009/2010 terdapat 15 SD Negeri dan 7 SD Swasta yang menyelenggarakan pendidikan inklusi di kota Malang. Sekolah-sekolah tersebut dapat menerima peserta didik dengan perlakuan khusus antara lain Tuna Rungu Tunagrahita Disleksia Discalculia Low Vision ADD ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) Slowlearner dan Autisme. Dengan semakin berkembangnya sekolah inklusi yang ada di Kota Malang tentunya setiap guru memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kelas inklusi yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Seberapa besar tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri se-Kota Malang (2) Seberapa besar tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Swasta se-Kota Malang (3) Apakah ada perbedaan tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang (4) Bagaimana penerapan pendekatan dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri se-Kota Malang (5) Bagaimana penerapan pendekatan dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri se-Kota Malang dan (6) Apakah ada perbedaan penerapan pendekatan dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran angket. Temuan penelitian tentang pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang menunjukkan bahwa (1) tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi yang dihadapi guru di SD Negeri se-Kota Malang tergolong besar (2) Tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Swasta se-Kota Malang tergolong besar. Masalah pengelolaan kelas inklusi tersebut mencakup masalah individu dan masalah kelompok (3) Tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi guru di SD Negeri dan SD Swasta se-kota Malang sebagian besar adalah besar. Sehingga hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan antara tingkat masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang (4) Penerapan pendekatan pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri se-Kota Malang menunjukkan bahwa guru di SD Negeri se-Kota Malang tergolong sudah menerapkan pengelolaan kelas yang sangat tinggi (5) Penerapan pendekatan pengelolaan kelas inklusi di SD swasta se-Kota Malang tergolong sudah memiliki penerapan pendekatan pengelolaan kelas yang sangat tinggi (6) penerapan pendekatan pengelolaan kelas inklusi di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang menunjukkan tidak adanya perbedaan ini disebabkan karena pada umumnya penerapan pendekatan pengelolaan kelas inklusi yang dilakukan oleh guru di SD baik negeri maupun swasta hampir sama. Dari hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) bagi Kepala SD Negeri dan SD Swasta hendaknya dapat memberikan motivasi pada guru untuk dapat menyelesaikan masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi dan memberi alternatif pendekatan yang dipakai dalam menyelesaikan masalah tersebut (2) bagi Guru hendaknya terus meningkatkan pengelolaan kelas inklusi yang telah dijalankan dan mengembangkan pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang ada pada pengelolaan kelas inklusi. Jika penerapan pendekatan pengeloaan kelas inklusi yang dilakukan sudah sangat tinggi seharusnya dipertahankan (3) bagi Jurusan AP hendaknya mendukung adanya sekolah inklusi yang ada di kota-Malang dan mengadakan seminar tentang pendidikan inklusi untuk menambah pengetahuan guru di SD Negeri dan SD Swasta se-Kota Malang. Sehingga guru di SD Negeri dan SD Swasta tersebut dapat mengatasi masalah yang muncul dalam pengelolaan kelas inklusi yang mereka hadapi dengan adanya materi yang mereka dapatkan dari seminar tersebut (4) bagi peneliti lain hendaknya dapat dijadikan bahan bandingan apabila diadakan penelitian serupa pada variabel dan subjek yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item