Peran Komite Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Bebasis Sekolah (Studi Kasus MAN 3 Malang) oleh Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran Komite Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Bebasis Sekolah (Studi Kasus MAN 3 Malang) oleh Nurhayati

Hayati, Nur (2010) Peran Komite Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Bebasis Sekolah (Studi Kasus MAN 3 Malang) oleh Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuanp enelitiani ni adalah( 1) mendeskripsikapnr ofil organisasKi omite MadrasahM AN 3 Malang (2) mendeskripsikanp eran Komite Madrasahd alam menerapkanm anajemenb erbasiss ekolahM AN 3 Malang dan (3) mengkaji adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan peran Komite Madrasah MAN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara secara mendalam studi dokumentasi dan observasi partisipan dangan tingkat kontinum pasif. Pengambilan data dilakukan dengan alat bantu berupa catatan lapangan (Field Notes) alat perekam dan alat dokumentasi. Sampel dalam penelitiani ni ditentukans ecaraS ro rryabll Sampling d engani nforman terdin dari (1) Kepala Madrasah (2) Ketua Komite Madrasah (3) Wakil Ketua Komite Madrasah (4) Sekretaris Komite Madrasah (5) Wakil dari Bendahara Komile Madrasah( 6 ) AnggotaK omite Madrasah. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yakni (1) analisis di lapangan dan (2) analisis setelah data terkumpul. Analisis data yang ada di lapangan dilakukan melalui beberapa tahap (a) pengambilan keputusan untuk membatasi lingkup kajian ( b) pengambilank eputusanm engenajie nis kajian yangakand iperolela( c) mengembangkanp ertanyaana nalisis (d) merencanakanta hapan pengumpulan data dengan memperhatikan hasil pengarnatan sebelumnya (e) menuliskan komentarp engamatm engenaig agasany ang muncul (O menulis memo bagi diri sendirim engenaih al yang dikaji (g) menggalis umberp erpustakaany ang relevan selama penelitian berlangsung. Adapun proses setelah analisis data terkumpul adalah (a) mangernbangkan kategori eoding dengan sistem coding yang ditetapkank emudian. (b) mengembangkanm ekanismek erja terhadapd ata yang telah dikumpulkan. Peneliti menytrsun Coding dengan membubuhkan nomornomor pada ketegori-ketegori sambil memberikan Coding sesuai satuan data. Kegiatan berikutnya adalah membuat format berupa diagram konteks dan matriks yang berisikan informasi secarc sistematis. Setelah itu peneliti mendeskripsikan satuan data dalam laporan berupa hasil penelitian Berdasarkanh asil analisis data ditemukanh al-hal sebagaib enkut Pertama bentuk organisasi Komite Ma asah MAN 3 Malang berpedoman pada SK BINBAGA lslam dan sesuaid engank ebutuhans ekolah atas kesepakatanp ihak Komite Madrasah dan Madrasah. Kebutuhan Madrasah dituangkan dalam program kerja Komite Madrasah dan Madrasah MAN 3 Malang. Secara umum pelan Komite Madrasah adalah sebagai pendukung dan mediator pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kualilas sarana atau prasamna pendidikan serta peningkatank esejahteraang uru dan karyawan. sedangkans ecarak husus p eran icorlt. Madrasah adalah (i) berperan sebagai pendukung yang berupa finansial (2) berperans ebagaip ertimbangan dalam penentuand an pelaksanaank ebijakan p. AO di satuan pendidrkan (3) berperan sebagai mediator antara MAN 3 Malangd enganm asyarakamt aupunp emerintahiertait denganh asil penelitian tersebut d ikemukakans aran-sar sne bagai b rikut (l) mengrngat suatu organisasi tidak terlepas dari figur kepemimpinan dan hubungan keqisama maka hendaknya hubungan keqiasama artara Komite tvtadrasadha n Madrasaht etap dijaga denganh armonis ( 2) sejaland engans aran pertama tujuan utama Komite Madrasah dan Madrasah hendaknya ditekankan b a pr gtatan perierapan manajernen barbasis sekolah den (3) hendaknya sekolahd ankomite Madrasaht etap memperhatikantu gasm asing-masingb ahwa hoses Belajar-Mengajar (PBM) adalah tugas madrasah dan Komite Madrasah bertugasm embantud alam peningkatanP BM tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item