Pengembangan modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan NEWS ITEM TEXT untuk siswa kelas X Semester 2 Tahun ajaran 2011/2012 MAN MOJOSARI-MOJOKERTO / Nur izzati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan NEWS ITEM TEXT untuk siswa kelas X Semester 2 Tahun ajaran 2011/2012 MAN MOJOSARI-MOJOKERTO / Nur izzati

Izzati, Nur (2012) Pengembangan modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan NEWS ITEM TEXT untuk siswa kelas X Semester 2 Tahun ajaran 2011/2012 MAN MOJOSARI-MOJOKERTO / Nur izzati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan news item text. Modul adalah suatu cara pengorganisasian materi pelajaran yang lengkap yang berdiri sendiri terdiri dari rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu para siswa dalam mencapai sejumlah tujuan belajar yang telah dirumuskan secara spesifik dan operasional. Berdasarkan hasil observasi kepada siswa kelas X semester 2 MAN Mojosari-Mojokerto untuk matapelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kebutuhan siswa terhadap modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 tergolong tinggi karena persentase yang dicapai oleh tiap-tiap item berkisar antara 58-100% meskipun ada satu item yang hanya mencapai persentase 29 41 %. Hal ini menandakan bahwa siswa sangat membutuhkan modul berkaitan dengan pokok bahasan News Item Text. Model pengembangan modul ini melalui serangkaian tahapan yang mengacu pada teori pengembangan Borg Gall (1983) yaitu (1) need assessment (2) merumuskan tujuan pengembangan modul (3) menyusun modul (4) penilaian uji ahli (5) revisi produk (6) uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil (uji review). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk need assesment penilaian uji ahli calon pengguna produk serta uji pada kelompok kecil. Penilaian terhadap modul ini dilakukan oleh ahli isi materi bahasa Inggris media serta desain. Selain itu juga dilakukan uji calon pengguna produk yaitu guru dan uji kelompok kecil pada sepuluh orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes hasil belajar. Modul pembelajaran ini divalidasikan kepada ahli isi ahli media ahli desain calon pengguna produk dan audiens/ siswa. Hasil persentase validasi ahli isi sebesar 87 5% berdasarkan kriteria modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 termasuk kualifikasi valid. Hasil persentase validasi ahli media sebesar 100% berdasarkan kriteria modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 termasuk kualifikasi valid. Hasil persentase validasi ahli desain sebesar 85% berdasarkan kriteria modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 termasuk kualifikasi valid. Hasil persentase validasi calon pengguna produk sebesar 90% berdasarkan kriteria modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 termasuk kualifikasi valid. Hasil persentase uji coba audiens/ siswa sebesar 94 74% berdasarkan kriteria modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 termasuk kualifikasi valid. Revisi yang dilakukan setelah validasi antara lain adalah (1) Pengembangan latihan yang berbentuk pilihan ganda sesuai dengan rambu-rambu yang sudah digariskan seperti buku tes Bahasa Inggris. (2) Kosa kata yang terdapat pada modul ditambah untuk menambah kosa kata siswa. (3) Tekstual yang terdapat pada modul direvisi secara umum dan excellence. (4) Ukuran atau format dan font tulisan yang terdapat pada modul dibesarkan supaya tidak terasa sempit untuk penyajian materi atau isi di tiap halaman dan juga supaya tidak berjejalan antara teks box dan elemen-elemen lain. (5) Pengembang lebih intensif untuk mengkonsultasikan materi kepada ahli isi. (6) Bahasa yang digunakan pada modul lebih disederhanakan dan diperjelas supaya siswa lebih mudah memahami materi yang terdapat pada modul. (7) Evaluasi yang diberikan dikurangi dan dibuat semenarik mungkin contohnya seperti evaluasi yang melibatkan gerak fisik karena siswa Indonesia lebih mudah memahami materi yang melibatkan Physical Involvement . (8) Gambar yang mendukung pemahaman materi ditambah supaya siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi pada modul tersebut. (9) Tanggapan dari uji coba siswa kelompok kecil modul pembelajaran sebaiknya sering-sering disisipi aktifitas-aktifitas yang bisa membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan siswa tidak jenuh contohnya seperti diskusi presentasi dan praktek. (10) Penulisan modul baik dari segi paragraf bacaan atau materi pada modul tersebut lebih diperbaiki. Untuk Tes Hasil Belajar dari 10 siswa telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil persentase untuk tingkat keefektifan penggunaan modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 ini mencapai 87 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Inggris pokok bahasan News Item Text untuk siswa kelas X semester 2 bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran News Item Text.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item