Triasningsih, Emy (2010) Perubahan Organisasional Dalam Menerapkan Desentralisasi Pendidikan: Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Probolinggo oleh Emy Triasningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perubahadna patt erjadis ecaras pontanv isi danm isi yangjelasd an berlangsundga lamw aktuy angs ingkat.P erubahano rganisashi arusd ihadapsi ecara bijaksanaka renajika tidak ia tidak akand apatb ertahand engank etinggaland alam penyediaalna yanant erhadapm asyarakatb ahkano rganisasti ersebuta kan membubarkadni ri. Desentralisaspi endidikanm engandungm akna sebagianw ewenangd an tanggunjga wab dari institusi pendidikant ingkat pusatd ilimpahkank epadai nstitusi pendidikanti ngkat daerah.P enerapand esentralisaspi endidikant ersebutm emberikan harapanq kanm emhawap encerahand alamd unia pendidikan.P adak antor Dinas PendidikanD aerah p enerapand esentralisaspi endidikanm enuntuta danyap erubahan organisassi e iringd engand iberlakukannypae mbagiantu gasa ntarao rganisasti ngkat pusadt an daerah. Penelitiani ni berangkatd ari pertanyaan perubahano rganisasionaal pay ang terjadi di kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Probolinggo dalam menerapkadne sentralisaspi endidikan A da tiga fokus penelitiany aitu (l) bagaimanap rosest erjadinyap erubahand i kantor Dinas PendidikanN asional KabupatenP robolinggo ( 2) faktor-faktor perubahano rganisasionaal pa sajay ang ada dr Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Probolinggo dan (3) bagaimana perana genp erubahand alam menerapkand esentralisasdi i kantor Dinas PendidikanNasionaKl abupatenP robolgi go. Penelitiani ni dilakukan denganm enggunakanp endekatank ualitatif denganrancangans tudi kasus.T eknik pengumpuland ata yang digunakanm eliputi (l)wawancaram endalam ( 2) observasbi erperans erta d an (3) studi dokumentasiT. igadata yang berupa informasi yang terkait dengan fokus penelitian diperoleh darisejumlah informan Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas Kepala DinasPendidikanw akil KepalaD inas Pendidikan K epala Tata Usaha K epala SubB agianKepegawaianK epalaB agianP erlengkapanK epala SeksiS aranaP endidikan S tafTU dan Staf BagianK epegawaianD. ata tersebutd iorgianisasikand i tafsirkan d andianalisisg unap enyusunank onsepd an abstraksit emuanl apangan K redibilitas datadicek dengan teknik triangulasi dan teknik kecukupan referensial. Dari analisisd ata dapatd isimpulkan ( 1) perubahany ang terjadi di KantorDinasP endidikanN asionatl idak terjadid engans endirinyam elainkans alingt erkaitdanberlangsungs ecarat erus menenrss ebagasi uatup rosesp erubahany angdirencanakan( 2 ) perubahante adi melalui tiga ta rapany aitu tahapa wal sebagaidasarp erubahano rganisasyi ang meliputi penggabunganke duao rganisasmi enjadiDinasP endidikanN asionalt a hapt ransisiy angm eliputik omiffnenk elembagaan perubahalna tar strukturald an perubahanin dividu yang dititikberatkan padapengembangparno fesionalp egawai d an perubahanp adaa spekp embangunanfasilius ( 3) faktor-faktory ang berpengaruhte rhadapp erubahanb erasald ari faltorintemayl angm eliputi komitmen kelembagaanh ubungani nterpersonadl ankepemimpinand a n faktor eksternaly ang meliputi kebijaksanaanp emerintahd anke asamad enganp ihak luar (4) faktor penghambapt erubahante rdiri dari senralisasif o rmalisasid an penolakani ndividu (5) pemimpin sebagaai genperubahabne rperans ebagapi emantaur tanp enyeleksii nformasi dan sebagaipenyampaini formasik epadap arap egawair len pihak luar. Dari hasil penelitiani ni dapatd iajukan saran-sarany a itu (1) kepadaD inasPendidikanN asionala garm eneruskanp rosesp enrbahans ecaral ebih terencanas ebablingkungante rusm enerusm engalarnip erubahan sehinggdaa patl ebih meningkatkankualitradsa nm errperahankana pay ang telah dicapai padaw altu sebelumnya (2)k epadak epalaD inas PendidikanN asionals elakup impinana garl ebihmemperhatikapne rubahany ang terjadidi dalamm aupund i luar organisasi d an lebihberperand alamm elakukanp erubahante rutamap adam asaa wal dan masat ransisi.Karenap adam asat ersebutd iperlukanf igur pemimpiny ang berwawasanlu as danmempunyahi ubunganin terpersonayl ang tinggi yang diwujudkan dalamk esejawatanantars esamap egawai.S elaini tu rlnlarnmenyampaikanin formasi pemimpinh arusbusikapl ebih fleksibel dan tidak kaku karenas ebagaai genp erubahanp emimpinberperanb ukanh anyas ebagapi emimpin formal tetapij uga informal. (3) bagi parapegawaDi inasP endidikanu ntuk lebih meningkatkank eativitas dan meningkatkankesejawatasne rtal ebih berperand alamm elalsanakanp erubahank arenap erubahantidaka kant erlaksanad enganb aik apabilat idak adak erjasamaya ngb aikantarapemimpind an pegawais ebagaei lemenp entingd alam suatuo rganisasi.S elaini tupegawajui ga diharapkanu ntuk lebih meningkatkank emampuank e a dan bersikapterbukate rhadapp erubahany ang terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |