Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen berbelanja di swalayan Avan Sawojajar Malang / Swacahyani R. Pradani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen berbelanja di swalayan Avan Sawojajar Malang / Swacahyani R. Pradani

Pradani, Swacahyani R (2012) Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen berbelanja di swalayan Avan Sawojajar Malang / Swacahyani R. Pradani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Bauran Pemasaran Keputusan Pembelian Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel strategi bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelituan ini mempuntyai 2 variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas terdiri dari sub variabel yaitu produk (X1) harga (X2) tempat atau saluran distribusi (X3) dan promosi (X4) sedangkan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif korelasional. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh strategi bauran pemasaran secara partial maupun simultan terhadap konsumen dalam berbelanja di swalayan AVAN Sawojajar Malang serta untuk mengetahui variabel strategi bauran mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli pada swalayan AVAN Malang. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 107 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan sejak awal penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi poduk terhadap keputuasan pembelian konsumen di swalayan AVAN. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi harga terhadap keputusan pembelian konsumen di swalayan AVAN. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi lokasi atau sluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsimen di swalayan AVAN. (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan promosi terhadap keputusan pembelian di swalayan AVAN. (5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel strategi bauran pemasaran (strategi produk strategi harga strategi tempat atau lokasi distribusi strategi promosi) terhadap keputusan pembelian konsumen di swalayan AVAN. Selain itu variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel strategi harga. Saran yamg dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama melaksanakan penelitian adalah (1) pembukaan counter kasir lebih banyak pada jam-jam yang ramai misalnya pada pukul 15-00 -19.00 agar tidak terjadi antrian panjang pengunjung yang ingin membayar barang yang hendak dibelinya (2) Ketelitian dalam memberikan label harga pada produk-produk tertentu karena ada beberapa produk yang tidak mencantumkan harga pada kemasannya sehingga konumen dibuat bingung dengan tidak adanya label harga tersebut (3) Ketatnya persaingan di pasar saat ini maka toko swalayan AVAN harus teatap menjaga konsistensi dengan harga yang murah namun tetap menyediakan produk berkualitas bauk demi menjaga loyalitas pelanggn dan mendapatkan elanggan baru yang potensial. (4) Swalayan AVAN juga harus mendengarkan keluham pelanggan terkait tidal lengkapnya produk yang di dalam penelitian ini jumlahnya reltif kecil namun tetap berpengaruh terhadap persaingan pasar di swalayan AVAN. Ini perlu diperhatikan sebab kehilangan pelanggan merupakan suatu kerugian besar dibandingkan menarik pelanggan baru. Dengan demikian swalayan AVAN akan mampu bertahan dalam persaingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32528

Actions (login required)

View Item View Item