Pengaruh perceived value terhadap revisit intention melalui customer satisfaction pada pengunjung Jawa Timur Park 1 Batu (studi pada wisatawan Jatim Park 1 Batu Jl. Kartika No. 2 Kota Batu) / Siti Chotimah

Chotimah, Siti (2019) Pengaruh perceived value terhadap revisit intention melalui customer satisfaction pada pengunjung Jawa Timur Park 1 Batu (studi pada wisatawan Jatim Park 1 Batu Jl. Kartika No. 2 Kota Batu) / Siti Chotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Chotimah, Siti. 2018. Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention Melalui Customer Satisfaction. pada Pengunjung Jawa Timur Park I Di Batu. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Handri Dian Wahyudi S.Pd., S.E., M.Sc. Kata kunci: Perceived Value, Revisit Intention, Customer Satisfaction Pariwisata merupakan sektor penting untuk meningkatkan sektor ekonomi daerah. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ulang wisatawan pada objek wisata untuk tujuan jangka panjang. Salah satunya melalui upaya peningkatan value pengunjung serta meningkatkan kepuasan pengunjung. Perceived value dan customer satisfaction sering dikaitkan dengan Revisit intention. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Perceived value (X1), Revisit Intention sebagai variabel terikat (Y) dan Customer Satisfaction sebagai variabel Intervening (Z). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi tentang perceived value, revisit intention dan customer satisfaction; (2) Besarnya pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction; (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung perceived value terhadap revisit intention melalui customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini pengunjung yang telah melakukan kunjungan ke wisata Jawa Timur Park 1 setidaknya satu kali. Sampel diperoleh dengan teknik perhitungan rumus pendekatan Isac Michel, dan diperoleh sebanyak 174 responden yang ditingkatkan menjadi 200 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling. Pengelolaan data penelitian ini menggunakan analisis path dengan program IBM SPSS 16. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) perceived value berpengaruh langsung dan signifikan terhadap customer satisfaction ; (2) perceived value berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap revisit intention melalui customer satisfaction; (3) peran mediasi customer satisfaction hanya secara parsial. Saran yang dapat diajukan kepada pihak Jawa Timur Park 1: (1) untuk lebih meningkatkan revisit intention wisatawan khususnya indikator yang memiliki skor rata-rata rendah; (2) Melakukan pengurangan harga juga meminimalisir wahana yang termasuk dalam tiket tersebut; (3) meningkatkan nilai positioning untuk menjadikan Jawa Timur Park 1 menjadi destinasi pilihan utama; (4) Meningkatkan pengelolaan fasilitas yang ada seperti ruang terdapatnya penjaga di nursery room selain itu menempatkan penjaga di daerah kolam renang serta memberikan ruang teduh kepada pengunjung untuk berlindung ketika cuaca buruk; (5) Bagi peneliti selanjutnya itu peneliti juga menyarankan untuk mengembangkan instrument dari variabel mediasi dengan menggunakan variabel brand image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item