Implementasi keadilan distributif terbatas dalam pengelolaan dana pada perkumpulan sosial Panca Budhi / Restu Restati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi keadilan distributif terbatas dalam pengelolaan dana pada perkumpulan sosial Panca Budhi / Restu Restati

Restati, Restu (2019) Implementasi keadilan distributif terbatas dalam pengelolaan dana pada perkumpulan sosial Panca Budhi / Restu Restati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Restati Restu. 2019. Implementasi Keadilan Distributif Terbatas dalam Pengelolaan Dana pada Perkumpulan Sosial Panca Budhi. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pembimbing H. Subagyo SE. SH. M.M Kata Kunci Kebijakan Anggaran. Pengelolaan Dana. Keadilan Distributif. Perkumpulan Sosial Panca Budhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana sebuah Rumah Persemayaman Perkumpulan Sosial Panca Budhi (PSPB) yang berfokus pada kebijakan anggaran dan pengelolan dana beserta kaitannya dengan keadilan distributif di rumah persemayaman PSPB. Rumah persemayaman PSPB merupakan salah satu perkumpulan sosial pada bidang kematian yang terletak di jalan martadinata no kota lama malang jawa timur. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada Rumah Persemayaman PSPB karena rumah persemayaman PSPB merupakan salah satu rumah persemayaman tertua yang melakukan kegiatan sosial membantu upacara kematian dengan prinsip sukarela dan murni menolong untuk sesama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh secara langsung melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik tringulasi sumber (pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber) dan tringulasi waktu (pengambilan data harus disesuaikan dengan kondisi waktu narasumber). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anggaran PSPB disebut rencana anggaran yang memuat rencana pengeluaran bulanan yang dirumuskan oleh para anggota dan sahkan oleh ketua PSPB saat rapat tahunan anggota (RTA). Rencana anggaran ini pada praktiknya akan berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi rumah persemayaman. Adanya rencana anggaran memiliki fungsi perencanaan fungsi komunikasi dan fungsi alokasi dana. Sumber dana rumah persemayaman PSPB berasal dari iuran wajib anggota donatur tidak tetap dan sumbangan pihak iii lain. Pengelolaan dana PSPB dilakukan dengan membatasi pengeluaran setiap bulan dengan memprioritaskan pengeluaran untuk upacara kematian. Pada pelaksanaannya PSPB siap menyiapkan dana sesuai dengan kebutuhan upacara kematian yang ada. Para anggota melakukan pengawasan lewat RTA dan laporan melalui grup PSPB. Semua kegiatan yang dilakukan PSPB dilatarbelakangi oleh prinsip sukarela dan tolong menolong serta kesadaran untuk membantu individu kaitannya dengan ibadah terakhir kepada Tuhannya yang tercermin dari nama rumah persemayaman Perkumpulan Sosial Panca Budhi. Nama Panca Budhi disini memiliki peran dalam terciptanya keadilan distributif pada PSPB. Walaupun penerapan keadilan distributif disini masih sebatas didasari oleh kebudayaan yang sama atau belum secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32504

Actions (login required)

View Item View Item