Pengembangan multimedia pengajaran berbantuan komputer (CAI) untuk mata pelajaran bahasa Inggris kelas x materi look at the sign di SMK Negeri 2 Bondowoso / Citra Dwi Rosita Agustiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pengajaran berbantuan komputer (CAI) untuk mata pelajaran bahasa Inggris kelas x materi look at the sign di SMK Negeri 2 Bondowoso / Citra Dwi Rosita Agustiningrum

Agustiningrum, Citra Dwi Rosita (2012) Pengembangan multimedia pengajaran berbantuan komputer (CAI) untuk mata pelajaran bahasa Inggris kelas x materi look at the sign di SMK Negeri 2 Bondowoso / Citra Dwi Rosita Agustiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Multimedia Pengajaran Berbantuan Komputer (CAI) Bahasa Inggris. Penggunaan teknologi berbantuan komputer dalam bidang pendidikan merupakan cara untuk menyampaikan materi dengan menggunakan sumber yang berbasis microprocessor di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital. Komputer menjadi semakin sering digunakan karena sistem multimedia yang mampu menggabungkan teks gambar grafis animasi audio dan video tersebut dirancang untuk saling melengkapi sehingga menjadi suatu sistem yang berdaya guna dan tepat guna. Aplikasi teknologi komputer dalam pengajaran umumnya dikenal dengan istilah Pengajaran Berbantuan Komputer atau Computer Asisted Instruction (CAI). Pengajaran berbantuan komputer (CAI) dapat menyampaikan isi pelajaran memberikan latihan mengukur kemajuan belajar siswa merangsang daya pikir siswa agar lebih aktif kreatif dan menyenangkan melalui software pendidikan yang telah diakses dikomputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu program Pengajaran berbantuan komputer (CAI) yang didukung oleh fasilitas multimedia untuk pembelajaran Bahasa Inggris dan untuk melakukan validasi terhadap program multimedia Pengajaran Berbantuan Komputer (CAI) tersebut atas aspek-aspek materi tampilan dan interaksi pemakai. Program multimedia pembelajaran berbantuan komputer (CAI) ini diuji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri 2 Bondowoso pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia ini melalui instrument angket ahli media dan ahli materi. Untuk hasil belajar siswa digunakan pre-test dan post-test.Untuk mengetahui motivasional siswa dilakukan pengumpulan data melalui angket yang diberikan kepada audiens. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens atau siswa adalah presentase sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan perhitungan uji t atau perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan multimedia pengajaran berbantuan komputer. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 2 Bondowoso diperoleh empat kesimpulan sebagai berikut. Pertama dari aspek tampilan yang di validasi oleh ahli media diperoleh hasil 26 67% ahli media menjawab alternatif jawaban A 66 67% ahli media menjawab alternatif jawaban B 6 66% ahli media menjawab alternatif jawaban C sehingga dapat diinterpretasikan bahwa multimedia termasuk dalam kriteria cukup valid atau cukup layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kedua dari aspek materi yang di validasi oleh ahli materi diperoleh hasil 80 % ahli materi menjawab alternatif jawaban A 20% ahli materi menjawab alternatif jawaban B berdasarkan kriteria yang ditetapkan dapat diinterpretasikan bahwa multimedia ini termasuk dalam kriteria valid atau kualifikasi layak digunakan untuk proses pengajaran. Ketiga Program CAI yang telah dikembangkan juga terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dengan dilakukannya tiga kali uji coba terhadap siswa yaitu satu lawan satu pada taraf signifikan 5% 4 303 dengan harga t hitung -6 047 dan d.b 2 diperoleh hasil 4 303 -6 047 siswa kelompok kecil pada taraf signifikan 5% 2 262 dengan harga t hitung -9 461 dan d.b 9 diperoleh hasil 2 262 -9 461 dan siswa lapangan pada taraf signifikan 5% 1 699 dengan t hitung -11 527 dan d.b 29 diperoleh hasil 1 699 -11 527. Hasil dari ketiga pengujian hipotesis dengan rumus statistik semua data menunjukkan bahwa Ho ditolak karena ada perbedaan yang berarti hasil belajar antara siswa yang belajar sebelum menggunkan multimedia pengajaran berbantuan komputer dan setelah menggunakan multimedia pengajaran berbantuan komputer. Keempat Multimedia pengajaran berbantuan komputer ini termasuk dalam kualifikasi valid dan terbukti dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran hal ini terbukti melalui hasil angket audiens yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu Siswa Satu Lawan Satu diperoleh hasil 66 67% audiens menjawab alternatif jawaban A 29 17% audiens menjawab alternatif jawaban B 4 16% audiens yang menjawab alternatif C dan tidak ada audiens yang menjawab alternatif jawaban D pada siswa kelompok kecil diperoleh hasil 77 5% audiens menjawab alternatif jawaban A 20% audiens menjawab alternatif jawaban B 2 5% audiens menjawab alternatif jawaban C dan tidak ada audiens yang menjawab alternatif jawaban D dan siswa lapangan 80 2% audiens menjawab alternatif jawaban A 17 5% audiens menjawab alternatif jawaban B 2 1% audiens menjawab alternatif jawaban C dan 0 2% audiens yang menjawab alternatif jawaban D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item