Hubungan antara pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dengan kompetensi guru dalam mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Kabupaten Pamekasan Madura / Kiswaty Zubdatun Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dengan kompetensi guru dalam mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Kabupaten Pamekasan Madura / Kiswaty Zubdatun Nikmah

Nikmah, Kiswaty Zubdatun (2010) Hubungan antara pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dengan kompetensi guru dalam mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Kabupaten Pamekasan Madura / Kiswaty Zubdatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmah Kiswaty Zubdatun. 2010. Hubungan Pelaksanaan Pendekatan Supervisi oleh Kepala Madrasah dengan Kompetensi Guru dalam Mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Se Kabupaten Pamekasan Madura. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (2) Dra. Maisyaroh M.Pd Kata kunci pendekatan supervisi kompetensi guru Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui pelaksanaan supervisi dengan menggunakan pendekatanpendekatan diantaranya adalah pendekatan ilmiah pendekatan artistik dan pendekatan klinis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah di MTsN se-Kabupaten Pamekasan (2) bagaimana tingkat kompetensi guru dalam mengajar di MTsN se-Kabupaten Pamekasan (3) apakah ada hubungan pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dengan kompetensi guru dalam mengajar di MTsN se-Kabupaten Pamekasan Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala sekolah di MTsN se- Kabupaten Pamekasan (2) mengetahui tingkat kompetensi guru dalam mengajar di MTsN se-Kabupaten Pamekasan (3) mengetahui hubungan pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dengan kompetensi guru dalam mengajar di MTsN se-Kabupaten Pamekasan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni pelaksanaan pendekatan supervisi (X) yang terdiri dari variabel pendekatan ilmiah (X1) pendekatan artistik (X2) dan pendekatan klinik (X3). Sedangkan variabel terikatnya adalah kompetensi guru dalam mengajar (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTsN se Kabupaten Pamekasan sedangkan sampel yang diambil 50% dari jumlah populasi yaitu 82 orang guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling (sampel random proporsional). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan korelasi person product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah dalam klasifikasi baik pelaksanaan pendekatan ilmiah dalam klasifikasi baik pelaksanaan pendekatan artistik dalam klasifikasi cukup serta pelaksanaan pendekatan klinik juga dalam klasifikasi baik (2) kompetensi guru dalam mengajar termasuk dalam klasifikasi baik. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan Generated by Foxit PDF Creator Foxit Software http //www.foxitsoftware.com For evaluation only. ii signifikan antara pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala sekolah dengan kompetensi guru dalam mengajar di MTsN se Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti mengajukan saran (1) Bagi kepala sekolah secara keseluruhan pelaksanaan pendekatan supervisi oleh kepala madrasah sudah baik diharapkan pelaksanaan tersebut tetap dipertahankan untuk pelaksanaan supervisi selanjutnya dan untuk salah satu pendekatan yaitu pendekatan artistik yang belum masuk dalam kategori baik diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi seperti pendekatan-pendekatan lainnya. Dalam melaksanakan pendekatan supervisi kepala madrasah hendaknya lebih terbuka dan disesuaikan dengan keadaan dan kondisi guru sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah atau persepsi yang negatif dari pihak guru terhadap pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah. (2) Bagi Guru hendaknya setiap pengelola pendidikan khususnya para guru harus lebih memperhatikan pelaksanaan supervisi dan mengetahui pentingnya pendekatan supervisi agar bisa membantu dalam upaya pengembangan dan peningkatan kompetensi sehinggga bisa memperbaiki kualitas pengajaran yang diterapkan terhadap peserta didik dan dikomunikasikan dengan teman sejawat. Hendaknya para guru selalu berusaha untuk lebih memahami faktor-faktor yang dapat mendorong ataupun menghambat terjadinya proses belajar mengajar. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dalam melakukan penelitian dengan variabel yang sama hendaknya lebih mendalami pelaksanaan supervisi yang dilakukan setiap sekolah yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item