Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi kasus air minum dalam kemasan pada CV Barokah Jaya Pamekasan) / Lailiatul Karomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi kasus air minum dalam kemasan pada CV Barokah Jaya Pamekasan) / Lailiatul Karomah

Karomah, Lailiatul (2019) Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi kasus air minum dalam kemasan pada CV Barokah Jaya Pamekasan) / Lailiatul Karomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Karomah L. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Air Minum Dalam Kemasan Pada CV. Barokah Jaya Pamekasan) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M. Si. Kata kunci Kualitas Produk Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Banyaknya pesaing dengan pilihan produk yang sama seperti air minum dalam kemasan mendorong perusahaan lebih kreatif dan inovatif terhadap produk yang ditawarkan. Memberikan dan mempertahankan kualitas produk yang baik merupakan salah satu cara dalam memenuhi kepuasan pelanggan sehingga pelanggan akan merasa loyal terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi kualitas produk kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (2) Besarnya pengaruh langsung kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) sedangkan untuk variabel terikat adalah loyalitas pelanggan (Y). Populasi penelitian ini adalah pelanggan air minum dalam kemasan pada CV. Barokah Jaya yang berjumlah 153. Sampel dalam penelitian ini adalah 122 yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik simple random sampling. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 pilihan jawaban yaitu Sangat Setuju Setuju Cukup Setuju Tidak setuju dan Sangat Tidak Setuju. Jenis skala ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method Of Successive Interval). Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path). Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas Produk diklasifikasikan tinggi (2) Kepuasan Pelanggan diklasifikasikan tinggi (3) Loyalitas Pelanggan diklasifikasikan tinggi. Hasil uji analisis jalur (path) menunjukkan bahwa (1) Pengaruh kualitas produk (X1) terhadap kepuasan pelanggan (X2) di ketahui sebesar 37 6% sedangkan 62 4% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini (2) Pengaruh kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) menjelaskan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 36 3% sedangkan 64 7% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini (3) Pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y) melalui kepuasan pelanggan (X2) menjelaskan bahwa pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 39 3% sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung ii kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 18 8%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi total menunjukkan bahwa variabel bebas (X1) dan intervening (X2) memberi pengaruh sebesar 59 7 terhadap variabel terikat (Y). Sedangkan selebihnya sebesar 40 3% dijelaskan variabel lain di luar model. Hasil uji sobel test yang telah dilakukan mendapatkan nilai t sebesar 2 977 karena nilai t yang diperoleh sebesar 2 977 1.657 dengan tingkat signifikansi 5% maka membuktikan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungan pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut (1) Bagi CV. Barokah Jaya Pamekasan untuk dapat meningkatkan kualitas produk agar dapat mempertahankan kepuasan pelanggan sehingga menimbulkan keloyalan yang berkepanjangan agar tetap mau membeli dan mengkonsumsi produk ditawarkan (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih teliti dalam melakukan pengolahan data dan perhitungan serta dapat mengembangkan dan menambahkan dimensi ataupun indikator lain pada setiap variabel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32487

Actions (login required)

View Item View Item