Pengaruh customer satisfaction terhadap suctomer retention melalui switching barrier pada pelanggan wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia (studi pada pelanggan di Perumahan Tukum Indah Lumajang) / Ziyadatu Khoirinnisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh customer satisfaction terhadap suctomer retention melalui switching barrier pada pelanggan wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia (studi pada pelanggan di Perumahan Tukum Indah Lumajang) / Ziyadatu Khoirinnisa'

Khoirinnisa', Ziyadatu (2019) Pengaruh customer satisfaction terhadap suctomer retention melalui switching barrier pada pelanggan wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia (studi pada pelanggan di Perumahan Tukum Indah Lumajang) / Ziyadatu Khoirinnisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khoirinnisa Ziyadatu. 2019. Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Retention melalui Switching Barrier pada Pelanggan Wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia (Studi pada Pelanggan di Perumahan Tukum Indah Lumajang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi S.P M.M. Kata kunci Customer Satisfaction Customer Retention Switching Barrier Teknologi dan informasi yang semakin maju dan pesat telah mempenagruhi industry komunikasi untuk berkembang kini manusia dapat dengan mudah memperoleh informasi yang diinginkan melalui media online yang terhubung internet. Perusahaan tentu saja harus melakukan sebuah program untuk mempertahankan pelanggan salah satunya dengan upaya customer retention. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan. Program customer satisfaction merupakan strategi yang dianggap paling penting dalam meningkatkan keuntungan dan mencegah switching barrier. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh customer satisfaction terhadap customer retention melalui switching barrier pada pelanggan Wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia (2) Besarnya pengaruh switching barrier terhadap customer retention (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung customer satisfaction terhadap customer retention melalui switching barrier. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia di Perumahan Tukum Indah Lumajang yang menjadi pengambil keputusan dalam berlangganan berjumlah 128 keluarga. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 107 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path). Hasil uji analisis jalur (path) menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan customer satisfaction terhadap switching barrier (2) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan switching barrier terhadap customer retention (3) Terhadap pengaruh langsung dan tidak langsung positif signifikan customer satisfaction terhadap customer retention melalui switching barrier. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu (1) Wifi Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia sebaiknya memenuhi kualifikasi produk yang diinginkan pelanggan yang dapat dijadikan sebagai ciri khas dari produk lainnya sehingga pelanggan dapat bertahan dalam jangka panjang sekaligus sebagai suatu hambatan keberalihan produk bagi pelanggan (2) Peneliti selanjutnya yang meneliti variabel customer retention diharapkan menggunakan variabel endogen lainnya. Peneliti menyarankan menggunakan variabel customer loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32485

Actions (login required)

View Item View Item