Pengaruh brand personality dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada konsumen Geprek Bensu Malang) / Ika Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand personality dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada konsumen Geprek Bensu Malang) / Ika Fitria

Fitria, Ika (2019) Pengaruh brand personality dan kualitas produk terhadap minat beli ulang konsumen (studi pada konsumen Geprek Bensu Malang) / Ika Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fitria Ika. 2019. Pengaruh Brand Personality dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Geprek Bensu Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.Si. Kata kunci Brand Personality Kualitas Produk Minat Beli Ulang Perkembangan bisnis kuliner saat ini semakin pesat terutama di Kota Malang. Selain didukung banyaknya sektor pariwisata banyaknya jumlah mahasiswa juga menjadi peluang yang menggiurkan bagi pengusaha kuliner di Malang. Di tengah-tengah tingginya tingkat persaingan perusahaan harus bisa merancang strategi pemasaran yang dapat menarik minat beli konsumen dan harus mempertahankan minat beli tersebut agar tercipta minat pembelian secara ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi brand personality kualitas produk dan minat beli ulang (2) pengaruh antara brand personality terhadap minat beli ulang (3) pengaruh antara kualitas produk terhadap minat beli ulang. Jenis penelitian ini deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Geprek Bensu Jl. Soekarno Hatta Malang sejumlah 178 responden yang telah mengkonsumsi lebih dari 2 kali. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert 5 pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan (1) Brand personality termasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu. (2) Kualitas produk termasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu. (3) Minat beli ulang termasuk dalam kategori baik oleh konsumen Geprek Bensu. Maknanya adalah banyak sekali responden yang melakukan pembelian ulang dipengaruhi oleh brand personality Geprek Bensu meskipun kualitas produk yang ditawarkan tidak memiliki perbedaan dengan produk sejenis lainnya. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari penyebaran titik di sekitar garis diagonal pada grafik P-P Plot of Regression Standarized Residual (2) Model regresi tidak menunjukkan masalah heteroskedastisitas terlihat pada titik grafik scatterplot yang tidak membentuk pola tertentu (3) Model regresi tidak menunjukkan gejala multikolinearitas. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan (1) Brand Personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Hal ini mengartikan bahwa Geprek Bensu sukses membentuk kepribadian mereknya sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang. (2) Kualitas Produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Ini menunjukkan bahwa kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen Geprek Bensu ii kurang memenuhi standart yang diharapkan konsumen. Dimana dengan nama Ruben Onsu yang digunakan adalah seorang publik figur terkenal yang harapannya dapat memberikan kualitas yang terbaik daripada kompetitornya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) bagi Geprek Bensu supaya meningkatkan pelayanan agar lebih cepat menambah beberapa fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan konsumen saat berkunjung mengadakan promo pada event-event tertentu dan memberikan hadiah atau gift kepada konsumen serta dan mempertimbangkan lagi mengenai harga dan porsi yang ditawarkan kepada konsumen (2) bagi peneliti selanjutnya supaya meneliti lebih mendalam dan menambahkan variabel-variabel lain di luar variabel brand personality kualitas produk dan minat beli ulang. Misalnya variabel kualitas pelayanan dan penetapan harga karena variabel ini sangat erat hubungannya dengan minat beli ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32484

Actions (login required)

View Item View Item