Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Equal Cafe Malang) / Nur Syafitri Fardatul Amalia

Amalia, Nur Syafitri Fardatul (2019) Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan Equal Cafe Malang) / Nur Syafitri Fardatul Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Amalia, N. S. F. 2019. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan PelangganÔÇôStudi pada Pelanggan Equal Cafe Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Pergeseran gaya hidup membuat semakin banyaknya para penggemar produk olahan kopi di berbagai penjuru negeri. Bukan hanya dinikmati oleh kalangan tertentu namun sudah meluas untuk semua kalangan dan gender. Sehingga semakin banyak pelaku usaha yang berbondong-bondong menekuni bisnis kopi. Dalam mempertahankan bisnisnya, pelaku usaha dituntut memiliki standar khusus mengenai kualitas produk olahan kopi untuk mempertahankan konsumen tidak beralih pada produk pesaing. Hal tersebut dapat terjadi jika pelaku usaha dapat memenuhi harapan konsumen. Sehingga konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan. Dengan terpenuhinya harapan konsumen membuat konsumen akan melakukan kunjungan berulang pada jangka waktu yang lama serta akan menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk tersebut. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui: (1) Deskripsi dari kualitas produk, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan; (2) Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan; (3) Besarnya pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan; (4) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Equal Cafe yang telah berkunjung minimal tiga kali sehingga populasi yang digunakan tidak terhingga. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan; (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan; (3) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif dan signifikan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) Equal Cafe Malang melakukan pengembangan cita rasa, baik mengenai karakteristik rasa dan juga ketahanan rasa agar tidak berubah dalam rentang beberapa jam setelah disajikan; (2) Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti variabel loyalitas pelanggan diharapkan menggunakan variabel eksogen lainnya. Peneliti menyarankan menggunakan variabel harga dan suasana tempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32482

Actions (login required)

View Item View Item