Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang listing di BEI periode 2011-2017) / Fitri Nur Hidayah

Hidayah, Fitri Nur (2019) Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap tax avoidance (studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang listing di BEI periode 2011-2017) / Fitri Nur Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayah, F.N. 2019. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Listing di BEI Periode 2011-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina S.E., M.M. Kata Kunci: tax avoidance, leverage, profitabilitas. Tax avoidance merupakan upaya penghindaran pajak yang dilakukan secara legal karena tidak bertentangan dengan ketentuan perpajakan, di mana metode dan teknik yang digunakan cenderung memanfaatkan kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam undang-undang dan peraturan perpajakan. Menurut agency theory, tanggung jawab yang paling mendasar dari seorang manajer adalah meningkatkan kemakmuran pemegang sahamnya. Manajer harus dapat mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan agar mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi pemegang saham. Oleh karena itu, manajer akan melakukan berbagai upaya untuk mengefisiensi biaya-biaya yang dapat menjadi pengurang keuntungan, termasuk efisiensi biaya pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pembayaran pajak, kondisi leverage, kondisi profitabilitas, pengaruh leverage terhadap tax avoidance, dan pengaruh profitabilitas terhadap tax avoidance pada perusahaan sampel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Variabel bebas yang digunakan adalah leverage dan profitabilitas, sedangkan variabel terikatnya adalah tax avoidance. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang listing di BEI periode 2011-2017 sebanyak 48 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) tingkat pembayaran pajak perusahaan sampel tergolong sedang dengan tren meningkat, (2) kondisi leverage perusahaan sampel tergolong rendah dengan tren yang menurun, (3) kondisi profitabilitas perusahaan sampel tergolong rendah dengan tren yang menurun, (4) leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance pada perusahaan sampel, (5) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance pada perusahaan sampel. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah: (1) perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan pengelolaan asetnya agar mendapatkan profitabilitas yang tinggi dan laba yang diperoleh dapat digunakan dalam pendanaan internal, (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lainnya yang dapat berkontribusi dalam mempengaruhi tax avoidance yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32477

Actions (login required)

View Item View Item