Pengaruh kepuasan komunikasi organisasi dalam virtual workspace dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Go-Jek Malang / Rizky Endar Pratama

Pratama, Rizky Endar (2019) Pengaruh kepuasan komunikasi organisasi dalam virtual workspace dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Go-Jek Malang / Rizky Endar Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratama, R.E. 2018. Pengaruh Kepuasan Komunikasi Organisasi dalam Virtual Workspace dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. GO-JEK Cabang Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si. Kata Kunci: Kepuasan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan PT. GO-JEK merupakan perusahaan startup yang dapat berkembang dan bersaing di era kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Perkembangan dan keberhasilan suatu perusahaan ditentukan oleh kinerja karyawannya yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah komunikasi organisasi yang mana merupakan hal mutlak yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan berorganisasi. Komunikasi organisasi yang diterapkan di dalam kantor PT. GO-JEK cabang Malang adalah berupa virtual workspace. Sedangkan hal lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah lingkungan kerja. Kantor PT. GO-JEK cabang Malang mengalami perubahan lingkungan kerja dikarenakan pindahnya lokasi kantor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kepuasan komunikasi organisasi dalam virtual workspace dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. GO-JEK cabang Malang. (2) pengaruh kepuasan komunikasi organisasi dalam virtual workspace terhadap kinerja karyawan pada PT. GO-JEK cabang Malang, (3) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. GO-JEK cabang Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Variabel yang diteliti meliputi kepuasan komunikasi organisasi (X1), lingkungan kerja (X2), dan kinerja karyawan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. GO-JEK cabang Malang yang berjumlah 60 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dan kemudian ditentukan sampel sebanyak 52 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jawaban responden pada variabel komunikasi organisasi, lingkungan kerja, dan kinerja karyawan termasuk dalam kategori yang baik. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh parsial antara masing-masing variabel kepuasan komunikasi organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. ii Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat diberikan saran kepada perusahaan yaitu sebaiknya untuk para manajemen ataupun atasan bisa lebih memaksimalkan dalam memberikan perhatian atau arahan terkait pekerjaan terhadap karyawannya, dan sebaiknya intensitas cahaya di dalam kantor perlu ditambah agar karyawan merasa nyaman dalam bekerja. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi organisai dalam suatu konsep ruang kerja berupa virtual workspace. Maka sebaiknya peneliti selanjutnya bisa lebih mengeksplorasi perusahaanperusahaan yang bergerak atau berkembang di bidang teknologi dan informasi yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32476

Actions (login required)

View Item View Item