Oktavia, Tita (2010) Perbedaan sikap profesionalisme dan semangat kerja guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD negeri se-kecamatan Klojen Malang / Tita Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktavia Tita. 2010. Perbedaan Sikap Profesionalisme dan Semangat Kerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (2) Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata kunci sikap profesionalisme semangat kerja Profesionalisme guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan yaitu pemahaman tentang pembelajaran kurikulum dan perkembangan manusia termasuk gaya belajar. Sikap profesionalisme harus dimiliki guru guna meningkatkan pelayanan pengetahuan serta memberi arahan dan dorongan kepada peserta didiknya. Guru yang profesional harus memiliki semangat kerja dan kompetensi terhadap profesinya. Pada hakikatnya semangat kerja dan kegairahan kerja adalah perwujudan dari moral kerja yang tinggi baik bagi guru yang sudah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa tinggi sikap profesionalisme guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang (2)Seberapa tinggi tingkat semangat kerja guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang (3)Adakah perbedaan sikap profesionalisme dan semangat kerja guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sikap profesionalisme guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang (2) Untuk mengetahui tingkat semangat kerja guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang (3) Untuk mengetahui perbedaan sikap profesionalisme dan semangat kerja guru bersertifikasi dan belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Klojen Malang yang terdiri dari 17 sekolah dengan jumlah 207 responden 71 orang guru bersertifikasi dan 136 orang guru belum bersertifikasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru untuk mendapatkan data dari guru digunakan angket tertutup yang sudah disediakan jawabannya. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis varian multivariat (MANOVA). Hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk sikap profesionalisme guru bersertifikasi sebesar 89 690 dan guru yang belum bersertifikasi sebesar 86 993 sedangkan nilai rata-rata untuk semangat kerja guru bersertifikasi sebesar 67 521 dan guru yang belum bersertifikasi sebesar 64 993. Jika dilihat dari rata-rata menunjukkan bahwa sikap profesionalisme dan semangat kerja guru bersertifikasi lebih tinggi daripada guru yang belum bersertifikasi. ii Kesimpulan dalam penelitian ini adalah jumlah sikap profesionalisme guru bersertifikasi rata-rata berada pada level tinggi dan tingkat sikap profesionalisme guru belum bersertifikasi rata-rata juga berada pada level tinggi jika dilihat dari nilai estimated mean. Jumlah semangat kerja guru bersertifikasi rata-rata berada pada level tinggi dan tingkat semangat kerja guru belum bersertifikasi rata-rata juga berada pada level tinggi jika dilihat dari nilai estimated mean. Terdapat perbedaan sikap profesionalisme guru dan semangat kerja guru antara yang bersertifikasi dan belum bersertifikasi sikap profesionalisme guru bersertifikasi lebih tinggi dari yang belum bersertifikasi jika dilihat dari nilai reratanya (walau sangat sedikit) dan semangat kerja guru bersertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang belum bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Klojen jika dilihat dari nilai reratanya dengan perbedaan sangat signifikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada (1) bagi kepala sekolah agar selalu menambah informasi tentang sikap profesionalisme dan semangat kerja guru dengan cara melalui media cetak serta dengan menugaskan para guru untuk mengikuti seminar-seminar sehingga guru dapat melaksanakan tugas mengajar dengan maksimal tanpa ada paksaan dan ikhlas membimbing peserta didik (2) bagi guru agar senantiasa mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan seminar-seminar. Selain itu diharapkan mendidik dan membimbing peserta didik dengan iklhas karena menjadi guru memili tanggung jawab yang sangat besar. Meningkatkan sikap profesionalisme guru serta semangat kerja dengan penguasaan metode dan teknik mengajar sehingga peserta didik tertarik untuk mempelajari pelajaran yang diajarkan guru di sekolah (3) bagi kepala dinas pendidikan Kota Malang untuk meningkatkan sikap profesionalisme dan semangat kerja guru dengan lebih memperhatikan pemenuhan kebutuhan para guru. Selain itu juga diharapkan sering melakukan peninjauan ke sekolah untuk mengetahui kinerja guru serta membangun semangat kerja guru di sekolah (4) bagi kepala penyelenggara program sertifikasi guru disarankan agar memperbaiki sistem pelaksanaan dalam pemberian sertifikasi guru serta syarat-syarat yang digunakan untuk sertifikasi guru (5) bagi peneliti lain untuk penelitian sejenis yang akan datang lebih kongkrit dan luas disertai teknik pengumpulan data dan metode penelitian yang lebih bagus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |