Hubungan antara kualitas layanan petugas koperasi siswa dan kepuasasn siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri se-kota Malang / Winda Restuning Suminar - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kualitas layanan petugas koperasi siswa dan kepuasasn siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri se-kota Malang / Winda Restuning Suminar

Suminar, Winda Restuning (2010) Hubungan antara kualitas layanan petugas koperasi siswa dan kepuasasn siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri se-kota Malang / Winda Restuning Suminar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suminar Winda. 2009.Hubungan Antara Kualitas Layanan Petugas Koperasi Siswa dan Kepuasan Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kota Malang Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hendyat Soetopo M. Pd (2) Drs. Agus Timan MPd. Kata Kunci Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Sebagai wadah pengembangan usaha ekonomi rakyat koperasi diharapkan dapat menjadi pilar utama peningkatan kesejahteraan anggota dan sekaligus menumbuhkan semangat kehidupan demokrasi ekonomi dalam masyarakat. Perkembangan koperasi dari tahun ke tahun memang terjadi di semua sektor salah satunya adalah pelayanan bagi anggota koperasi. Bahwa pelayanan yang diberikan oleh koperasi merupakan program saling memanfaatkan bagi anggota. Dalam pemberian layanan terhadap anggotanya harus memberikan manfaat ekonomis atau keuntungan yang dapat dinikmati oleh anggota. Disamping itu pelayanan pegawai yang maksimal akan membuat anggota merasakan kepuasan yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan anggota koperasi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kualitas layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang mendeskripsikan tingkat kepuasan siswa terhadap layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang dan mengetahui hubungan antara kualitas layanan petugas koperasi siswa dengan kepuasan siswa kelas XI SMAN se-Kota Malang. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka untuk menjawab masalah yang pertama dan kedua menggunakan teknik analisis data deskriptif/persentase dan untuk menjawab pertanyaan ketiga menggunakan teknik analisis data korelasi Product Moment dari Pearson. Populasi dalam penelitian ini adalah 2910 siswa dan sampel yang diambil adalah 351 yang terdiri dari siswa kelas XI di SMAN se-Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan suatu kesimpulan bahwa kualitas layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang masuk dalam kategori baik. Tingkat kepuasan siswa atas kualitas layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang. masuk dalam kategori baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat kepuasan siswa dengan kualitas layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang.. Hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa nilai harga r hitung sebesar 5 29 dan nilai r tabel 0 113. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat kepuasan siswa dengan kualitas layanan petugas koperasi siswa di SMAN se-Kota Malang.. Saran yang dapat diajukan yaitu bagi siswa diharapkan untuk melakukan suatu evaluasi atas kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak koperasi sehingga pihak manajemen koperasi selalu melakukan perbaikan atas kualitas pelayanan yang diberikan. Usaha nyata yaitu dengan selalu memberikan suatu tanggapan yaitu dengan mengisi kotak saran sesuai dengan kondisi yang mereka rasakan. Bagi Peneliti Selanjutnya bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan menggunakan variabel lain yang terkait dengan kepuasan para siswa dalam menggunakan jasa koperasi sehingga penelitian ini dapat lebih berkembang dan memperluas wawasan. Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dengan kepuasan para siswa dalam menggunakan jasa koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item View Item