Pengaruh perputaran modal kerja dan current ratio terhadap harga saham melalui profitabilitas (studi pada perusahaan farmasi yang listing di BEI tahun 2013-2017) / Dina Andriyana

Andriyana, Dina (2019) Pengaruh perputaran modal kerja dan current ratio terhadap harga saham melalui profitabilitas (studi pada perusahaan farmasi yang listing di BEI tahun 2013-2017) / Dina Andriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Andriyana, Dina. 2018. Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Current Ratio Terhadap Harga Saham Melalui Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Listing di BEI tahun 2013-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Kata Kunci: Perputaran Modal Kerja, Current Ratio (X2), Harga Saham (Y), dan Profitabilitas (Z). Harga saham yang diharapkan investor adalah yang cenderung naik dari waktu ke waktu, namun pada kenyataannya harga saham cenderung berfluktuasi. Fluktuasi harga saham secara fundamental dipengaruhi oleh kinerja perusahaan dan kemungkinan risiko yang dihadapi perusahaan. Perputaran modal kerja akan berpengaruh kepada tingkat profitabilitas. Tingkat profitabilitas yang rendah bila dihubungkan dengan modal kerja dapat menunjukkan kemungkinan rendahnya volume penjualan dibanding dengan ongkos yang digunakan. Untuk menunjang profitabilitas yang tinggi dibutuhkan efisiensi yang tepat pada proses produksi perusahaan. Informasi peningkatan return on asset (ROA) akan diterima pasar sebagai sinyal yang baik yang akan memberikan masukan positif bagi investor dalam pengambilan keputusan membeli saham. Variabel dalam penelitian ini adalah Perputaran Modal Kerja (X1), Current Ratio, Harga Saham, dan Profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran modal kerja dan current ratio terhadap harga saham melalui profitabilitas pada perusahaan farmasi yang listing di BEI tahun 2013-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan farmasi yang listing di BEI dengan metode purposive sampling selama periode 2013-2017 dan berdasarkan kriteria yang ditentukan diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1a) Kondisi harga saham cenderung mengalami kenaikan. 1b) Kondisi perputaran modal kerja cenderung stabil namun mengalami penurunan. 1c) Kondisi current ratio cenderung mengalami penurunan. 1d) Kondisi profitabilitas (ROA) cenderung mengalami penurunan. 2) Perputaran Modal Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham. 3) Current Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham. 4) Perputaran Modal Kerja berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). 5) Current Ratio berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Profitabilitas (ROA). 6) Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. 7) Perputaran Modal Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham melalui Profitabilitas (ROA). 8) Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham melalui Profitabilitas (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32456

Actions (login required)

View Item View Item