Pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif pada Hupermart Malang Town Square (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen FE UM) / Bernessa Rahmania Puspa

Puspa, Bernessa Rahmania (2019) Pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif pada Hupermart Malang Town Square (studi pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen FE UM) / Bernessa Rahmania Puspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Puspa, B.R. 2018. Pengaruh Atmosfer Toko terhadap Pembelian Impulsif melalui Emosi Positif pada Hypermart Malang Town Square (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. Kata Kunci: atmosfer toko, pembelian impulsif, emosi positif. Peningkatan perekonomian di Indonesia turut membuat kesejahteraan masyarakatnya menjadi lebih baik. Hal ini membuat daya beli masyarakat Indonesia sebagai konsumen pun ikut meningkat. Kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian secara impulsif juga akan lebih besar. Konsumen pada zaman sekarang juga lebih banyak berbelanja di toko ritel modern sebagai pengganti pasar tradisional. Pada toko ritel modern, atmosfer toko telah ditata sedemikian rupa, agar dapat menimbulkan emosi yang positif dari konsumen yang mendorong terjadinya pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel atmosfer toko terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif pada Hypermart Malang Town Square (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemilihan populasi menggunakan infinite population yaitu Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang pernah melakukan pembelian tak berencana di Hypermart Malang Town Square. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah analisis jalur dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan antara variabel atmosfer toko terhadap pembelian impulsif Hypermart Malang Town Square, (2) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara variabel emosi positif terhadap pembelian impulsif Hypermart Malang Town Square, (3) terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara atmosfer toko terhadap emosi positif, (4) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara atmosfer toko terhadap pembelian impulsif melalui emosi positif Hypermart Malang Town Square. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar (1) Hypermart Malang Town Square memerhatikan bau ruangan agar tidak mengganggu kenyamanan konsumen, (2) Hypermart Malang Town Square perlu memerhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan gairah konsumen dalam berbelanja, (3) pramuniaga produk yang terdapat di Hypermart Malang Town Square perlu menawarkan produk dengan cara yang lebih menarik, serta (4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya menambah jumlah sampel dan memperkecil daerah cakupan penelitian. iii ABSTRAK Puspa, B.R. 2018. Effect of Store Atmosphere on Impulsive Purchases through Positive Emotions on Hypermart Malang Town Square (Study on S1 Management Stundetns, Faculty of Economics, State University of Malang). SarjanaÔÇÖs Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor : Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. Kata Kunci: store atmosphere, impulse purchases, positive emotions. Increasing the economy in Indonesia has helped make the welfare of the people better. This has increased the purchasing power of the Indonesian people as consumers. The possibility of consumers to make purchases impulsively will also be greater. Today's consumers also shop more at modern retail stores as a substitute for traditional markets. In modern retail stores, the store's atmosphere has been arranged in such a way as to create positive emotions from consumers that encourage impulsive purchases. The purpose of this study was to determine the direct and indirect effects of store atmosphere variables on impulsive purchases through positive emotions at Hypermart Malang Town Square (Study on S1 Management Students of the Faculty of Economics, State University of Malang). This study uses a quantitative approach. Population selection uses an infinite population, namely the S1 Management Student of the Faculty of Economics, State University of Malang who has ever made a purchase without planning at Hypermart Malang Town Square. The sampling technique in this study used a simple random sampling technique. The method used is path analysis with SPSS version 22. The results of this study indicate that (1) there is an indirect and significant influence between store atmosphere variables on impulsive purchases of Hypermart Malang Town Square, (2) there is a direct and significant influence between positive emotional variables on impulsive purchases of Hypermart Malang Town Square, (3) direct and significant influence between store atmosphere on positive emotions, (4) there is a direct and indirect influence between the store atmosphere on impulsive buying through positive emotions of Malang Hypermart Town Square. Based on the results of the study, it is expected that (1) Hypermart Malang Town Square have to notices the smell of the room so as not to disturb the comfort of consumers, (2) Hypermart Malang Town Square needs to pay attention to things that can increase consumerÔÇÖs arousal in shopping, (3) salespeople of an product in Hypermart Malang Town Square needs to offer products in a more interesting way, and (4) for further researchers it should increase the number of samples and reduce the scope of the study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32454

Actions (login required)

View Item View Item