Modal kerja pada usaha mie ayam dan bakso Cak Wit di Desa Rejoagung Ngoro Jombang / Dwi Puji Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Modal kerja pada usaha mie ayam dan bakso Cak Wit di Desa Rejoagung Ngoro Jombang / Dwi Puji Pratiwi

Pratiwi, Dwi Puji (2019) Modal kerja pada usaha mie ayam dan bakso Cak Wit di Desa Rejoagung Ngoro Jombang / Dwi Puji Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratiwi Dwi Puji. 2018. Modal Kerja pada Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit di Desa Rejoagung Ngoro Jombang. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. Kata Kunci modal kerja dan Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan modal kerja pada Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit yang berfokus pada makna modal kerja komponen modal kerja sumber modal kerja dan pengelolaan modal kerja. Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dibidang perdagangan makanan dan minuman yang terletak di Jalan Supriadi Kec. Ngoro Kab. Jombang Jawa Timur. Peneliti tertarik melakukan penelitian pada usaha ini karena usaha ini menarik yaitu usaha di bidang perdagangan makanan dan minuman tetapi dengan menggunakan motor tosa yang jarang sekali orang menggunakan motor tosa sebagai kendaraan untuk berdagang makanan dan minuman biasanya digunakan untuk berdagang sayuran maupun buah-buahan. Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit adalah satu-satunya usaha yang berdagang dengan menggunakan motor tosa dan sampai saat ini masih beroperasi walaupun banyak pesaing dengan usaha yang sama dan tanpa adanya sistem pembukuan atau pencatatan keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara mendalam. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber (pengecekan keabsahan data dengan membandingkan data yang diperoleh dari berbagai sumber). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal kerja menurut Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit adalah modal yang digunakan untuk kegiatan operasional sehari-hari dalam suatu usaha. Makna modal kerja bagi Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit adalah kunci dari kesuksesan sebuah jalannya usaha. Komponen modal kerja terdiri dari persediaan barang uang dan kepercayaan. Sumber modal Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit berasal dari modal sendiri. Kemudian pengelolaan modal kerja pada Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit dilakukan secara sederhana tanpa pembukuan secara rinci. Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit melakukan pengelolaan modal kerja dengan cara perencanaan yaitu mengetahui strategi yang harus dijalankan dan pelaksanaan yaitu kegiatan operasional yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Usaha Mie Ayam dan Bakso Cak Wit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32453

Actions (login required)

View Item View Item